Beginilah Rencana Ujicoba KRL Daop 6 Yogyakarta

KRL KfW, calon armada KRL Daop 6 Yogyakarta
KRL KfW, calon armada KRL Daop 6 Yogyakarta saat melakukan ujicoba di bilangan Mampang

[10/10] Setelah sebelumnya KAI Commuter (PT Kereta Commuter Indonesia/KCI) mengumumkan KRL Daop 6 Yogyakarta akan beroperasi pada November, kali ini KAI Commuter juga mengumumkan rencana ujicoba dan tanggal pasti operasional KRL Daop 6 Yogyakarta.

Dilansir dari Merdeka, Senior Manager Wilayah VI PT KCI, Dedy Setiawan menerangkan akan dilakukan ujicoba KRL dari Yogyakarta-Klaten mulai tanggal 3-9 November mendatang, menunggu penyelesaian pemasangan listrik aliran atas (LAA). Pemasangan LAA ini ditargetkan akan selesai dalam dua minggu mendatang.

Sedangkan untuk proses ujicoba akan dilakukan tanpa penumpang terlebih dahulu. Ujicoba ini rencananya akan menggunakan empat rangkaian dengan jumlah perjalanan 10 kali antara Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Klaten setiap harinya. Dua rangkaian di antaranya telah menempun ujicoba ketahanan (endurance test) di Jabodetabek dengan salah satunya telah dikirim ke Madiun. Diharapkan pada akhir bulan ini seluruh rangkaian KRL yang akan digunakan untuk Daop 6 Yogyakarta telah siap.

Setelah proses ujicoba selesai, maka rencananya tanggal 10 November mendatang KRL Yogyakarta-Klaten ini akan dioperasikan untuk umum. Sedangkan untuk Klaten-Solo kemungkinan baru akan bisa diujicoba pada akhir tahun ini, dengan rencana operasional penuh Yogyakarta-Solo pada awal tahun mendatang. Rencananya KRL ini nantinya akan berhenti di setiap stasiun dan dapat menempuh perjalanan dengan waktu tempuh Yogyakarta-Solo 82 menit. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: