Ini 5 Klub Sepak bola Yang (Pernah) Dimiliki Perusahaan KA

Klub sepak bola Manchester United saat menang tandang melawan Everton dengan skor 1-3. | Foto: The Busy Babe
Klub sepak bola Manchester United saat menang tandang melawan Everton dengan skor 1-3. Percaya atau tidak, Manchester United ternyata memiliki sejarah yang terkait dengan dunia kereta api. | Foto: The Busy Babe

Tidak dapat dipungkiri, sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. Di antara pembaca setia RED pun pastinya ada yang memiliki ketertarikan kepada dunia olahraga khususnya sepak bola. Namun, tahukah pembaca sekalian kalau beberapa klub sepak bola yang ada di dunia dimiliki atau pernah dimiliki oleh perusahaan penyelenggara perkeretaapian?

Tim-tim sepak bola milik perusahaan perkeretaapian ini tersebar di seluruh benua yang ada di dunia. Berikut adalah 5 klub sepak bola yang dimiliki atau pernah dimiliki perusahaan perkeretaapian yang cukup populer versi Tim REDaksi.

Manchester United FC

Klub sepak bola Manchester United | Foto: The Busy Babe
Klub sepak bola Manchester United | Foto: The Busy Babe

Siapa yang tidak kenal dengan klub Liga Inggris satu ini? Tim berjuluk “Setan Merah” yang diperkuat oleh Anthony Martial, Marcus Rashford, David De Gea, Bruno Fernandes dan kawan-kawan ini merupakan salah satu tim tersukses di Liga Inggris dengan rekor 20 kali juara liga, 12 kali juara Piala FA, dan 3 kali juara Liga Champions Eropa.

Manchester United yang kini dimiliki oleh keluarga Glazer ini ternyata pertama kali didirikan oleh perusahaan perkeretaapian. Manchester United dibentuk pada tahun 1878 sebagai Newton Heath LYR Football Club oleh departemen kereta dan gerbong Lancashire and Yorkshire Railway (LYR) di dipo Newton Heath.

Newton Heath awalnya bermain melawan departemen lain di LYR dan juga melawan tim sepak bola milik perusahaan kereta api lain. Pada tahun 1888, Newton Heath menjadi anggota pembentuk dari The Combination, sebuah liga sepak bola regional. Namun, ini bubar sebelum musim pertamanya, dan Newton Heath bergabung dengan Football Alliance yang baru saja dibentuk dan berjalan 3 musim sebelum liga tersebut digabung dengan The Football League.

Newton Heath memisahkan diri dari LYR pada musim 1892-93, dan menghapus “LYR” dari nama resmi klub. Pada tahun 1902, Newton Heath FC berubah menjadi Manchester United FC hingga kini.

FC Lokomotiv Moscow

Klub sepak bola Lokomotiv Moscow. Tampak logo RZD di jersey yang digunakan | Foto: Lapelotita
Klub sepak bola Lokomotiv Moscow. Tampak logo RZD di jersey yang digunakan | Foto: Lapelotita

FC Lokomotiv Moscow merupakan salah satu klub sepak bola terkuat di Liga Rusia. Klub ini pernah menorehkan 3 gelar juara liga, 2 gelar Piala Soviet, dan 10 gelar Piala Rusia.

Lokomotiv awalnya didirikan sebagai Kazanka (Moskovskaya Kazanskaya Zh.D) pada tahun 1922. Klub ini membawa pemain-pemain sepak bola terkuat dari beberapa jalur di sistem perkeretaapian Moskow pada tahun 1924. Kazanka berubah menjadi Lokomotiv sejak tahun 1936. Lokomotiv dulunya merupakan bagian dari Lokomotiv Voluntary Sports Society dan dimiliki oleh Kementerian Perhubungan Soviet lewat Russian Railways (RZD).

RZD sendiri hingga kini masih menjadi sponsor jersey Lokomotiv. Selain itu, Lokomotiv juga memainkan pertandingan kandang di RZD Arena yang dimiliki oleh RZD. Bahkan pada tahun 2006, di kala klub ini merayakan ulang tahunnya yang ke-70 JSC Russian Railways mempersembahkan lokomotif sungguhan di depan RZD Arena. Lokomotif tersebut menjadi simbol klub ini, bahkan sulingnya hingga kini masih berfungsi untuk menandakan pertandingan akan segera dimulai.

Lokomotif L-3526 pada ulang tahun ke-70 klub Lokomotiv Moscow | Foto: Lokomotiv Moscow
Lokomotif L-3516 pada ulang tahun ke-70 klub Lokomotiv Moscow | Foto: Lokomotiv Moscow

Lech Poznan

Klub sepak bola Lech Poznan | Foto: Lech Poznan
Klub sepak bola Lech Poznan | Foto: Lech Poznan

Lech Poznan merupakan salah satu klub terkuat di Liga Polandia, di mana Robert Lewandowski yang kini menjadi penyerang FC Bayern Munich di Liga Jerman pernah merumput. Lech Poznan menorehkan 7 gelar juara liga, 5 gelar Piala Polandia, dan 6 gelar Piala Super Polandia.

Klub yang didirikan tahun 1922 sebagai KS Lutnia Debiec ini memiliki julukan “The Railwaymen”. Meski demikian, klub sepak bola ini sebenarnya didirikan oleh sekelompok aktivis muda dari Asosiasi Muda-mudi Katolik Polandia.

Sejak tahun 1930 hingga tahun 1994, klub sepak bola ini dihubung-hubungkan secara dekat dengan Polish State Railways (PKP). Ini berkaitan dengan terbentuknya klub sepak bola bernama Poznan Military Training Railway Sports Club pada tahun 1933.

CFR Cluj

CFR Cluj saat memenangkan Liga 1 Rumania, Agustus 2020 | Foto: Romania Insider
Klub sepak bola CFR Cluj saat memenangkan Liga 1 Rumania, Agustus 2020 | Foto: Romania Insider

Klub bernama lengkap Fotbal Club CFR 1907 Cluj ini dibentuk pada tahun 1907 di kota Cluj, Rumania. Klub ini awalnya bernama Koloszvar Railway Sport Club, ketika kota Cluj masih menjadi bagian dari Austria-Hungaria. Di tahun 1920, Transilvania menjadi bagian dari Rumania, sehingga klub ini berganti nama menjadi seperti yang dikenal sekarang dan menjaga hubungan dengan perusahaan perkeretaapian nasional.

Menurut sebuah survei di tahun 2011, CFR Cluj merupakan klub dengan jumlah supporter tertinggi keempat di Rumania. CFR Cluj pernah menorehkan 6 gelar juara liga, 4 gelar Piala Rumania, 3 gelar Piala Super Rumania, dan 1 gelar runner-up Piala Intertoto Eropa.

CFR Cluj juga memegang rekor sebagai pencetak poin terbanyak untuk tim Rumania di kompetisi Eropa. Di musim 2012-13, CFR Cluj mencetak 10 poin di Liga Champions Eropa. Sementara itu di musim 2019-20, CFR Cluj mencetak 12 poin di Liga Eropa.

PFC Lokomotiv Tashkent

PFC Lokomotiv Tashkent saat memenangkan liga Uzbekistan Super League 2017. Tampak tampak Uzbekistan Railways di jersey yang digunakan | Foto: PFC Lokomotiv Tashkent
Klub sepak bola PFC Lokomotiv Tashkent saat memenangkan liga Uzbekistan Super League 2017. Tampak tampak Uzbekistan Railways di jersey yang digunakan | Foto: PFC Lokomotiv Tashkent

Lokomotiv Tashkent adalah tim sepak bola Liga Uzbekistan yang berasal dari kota Tashkent. Tim ini dibentuk pada tahun 2002 dan dimiliki oleh Uzbek Railways, yang juga menjadi sponsor utama tim dan terpampang pada jersey mereka. Tidak hanya itu, tim ini juga merupakan bagian dari Joint Stock Company kereta api O’zbekiston Temir Yo’llari dengan logonya terpampang di situs webnya.

Sejak 2012, Lokomotiv Tashkent tidak pernah absen dari peringkat 3 besar di Liza Uzbekistan, dan menjuarai Liga Uzbekistan secara beruntun pada tahun 2016, 2017, dan 2018. Lokomotiv Tashkent juga memiliki penampilan yang cukup konsisten di ajang Liga Champions Asia.

Klub ini juga memainkan pertandingan kendang di TTYMI Stasium, yang dimiliki oleh Institut Teknik Perkeretaapian Tashkent. (RED/MPF)

Referensi

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: