RED Citizen Journalism

Peningkatan Rel KA Lintas Lahat-Bungamas Memasuki Tahap Akhir

mesin perawatan jalan rel MTT 09-32 CSM
MTT 09-32 CSM (SR 3 17 02) milik BTP Sumbagsel yang sedang beroperasi untuk memadatkan ballast di proyek peningkatan lintas Lahat-Bungamas | Foto: M Ardiyan Revallino, OPKA Sumsel

[25/11] Mulai digarap sejak Bulan Mei 2020, proyek peningkatan rel KA lintas Lahat-Bungamas kini telah memasuki tahap akhir. Pada saat berita ini dituliskan (24/11), pengerjaan peningkatan hanya menyisakan pekerjaan berupa pemadatan ballast menggunakan Multi Tie Tamper, pemasangan penahan ballast, dan serangkaian pengujian dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebelum siap dioperasikan.

Proyek peningkatan sepanjang 25 km ini dimiliki dan diawasi langsung oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 2 Sumatera Bagian Selatan dan dikerjakan oleh PT Agung Kusuma selaku pemenang tender. Peningkatan lintas yang dimaksud adalah penggantian rel tua R42 buatan tahun 1960 menjadi R54 baru yang lebih besar dan kokoh, penggantian bantalan rel, penggantian wesel, perbaikan drainase, dan peningkatan tekanan gandar lintas yang semula 14 ton menjadi 18 ton. Setelah peningkatan lintas Lahat-Bungamas selesai, peningkatan lintas ini akan berlanjut hingga ke Lubuklinggau sehingga seluruh lintas Lahat-Lubuklinggau ditingkatkan menjadi lebih baik setelah terakhir kali ditingkatkan pada tahun 2007.

Dengan ditingkatkannya lintas Lahat-Bungamas, diharapkan kualitas prasarana berupa rel KA di lintas Lahat-Bungamas menjadi lebih baik dan berdampak pada perjalanan kereta api yang semakin lancar dan nyaman serta peningkatan kapasitas lintas itu sendiri. (RED Citizen/Richard Hermawan/OPKA Sumsel)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Peningkatan Rel KA Lintas Lahat-Bungamas Memasuki Tahap Akhir

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×