Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Seri 205 Rangkaian SLO32 Dikirim ke Solo Balapan

KLB pengiriman KRL seri 205 rangkaian SLO32 di Stasiun Depok
KLB pengiriman KRL seri 205 rangkaian SLO32 di Stasiun Depok

(18/12) – KRL seri 205 rangkaian SLO32 akhirnya dikirim dari Dipo KRL Depok ke Stasiun Solo Balapan, Jumat (18/12) dini hari. Rangkaian ini merupakan rangkaian kedua dari dua rangkaian KRL seri 205 yang dialokasikan untuk Daop 6 Yogyakarta.

Berbeda dengan saat pengiriman rangkaian SLO9 Oktober lalu, KRL seri 205 rangkaian SLO32 dikirim tanpa dilengkapi dengan komponen atap dan cow catcher. Hal ini dilakukan untuk mencegah insiden di Kalioso dan Kadipiro yang menimpa rangkaian SLO9 terulang pada pengiriman rangkaian SLO32.

Dihela oleh lokomotif CC2010405 milik Dipo Semarang Poncol, susunan rangkaian kereta api luar biasa masih sama dengan sebelumnya, yaitu 1 rangkaian KRL dan 4 unit kereta bantu pengereman (bandul). Uniknya, unit-unit kereta yang digunakan untuk bandul sama persis dengan pengiriman sebelumnya meskipun terpaut jarak hampir 2 bulan lamanya.

Kode rangkaian pada KRL seri 205 rangkaian SLO32
Kode rangkaian pada KRL seri 205 rangkaian SLO32

Rangkaian KLB masih dalam perjalanan menuju Stasiun Solo Balapan saat tulisan ini diturunkan. KLB pengiriman rangkaian SLO32 dijadwalkan akan tiba di Solo Balapan pada Jumat (18/12) malam. KLB direncanakan akan tiba di Solo setelah menempuh 18 jam perjalanan via Semarang. Setibanya di Solo, pemasangan unit AC, ventilator, dan cow catcher akan dilakukan pada rangkaian SLO32 di Dipo Sarana Solo Balapan sebelum rangkaian tersebut dikirimkan ke Stasiun Srowot dan diujicobakan di lintasan Daop 6 Yogyakarta.

Sementara itu, uji coba KRL secara intensif di Daop 6 Yogyakarta juga akan dimulai pada hari ini hingga waktu peresmian operasional KRL. Uji coba ini akan dilakukan setiap hari pada pukul 8-17 WIB menggunakan KRL KfW dan KRL seri 205. Uji coba dilakukan dengan rute Yogyakarta-Gawok PP, dengan setiap rangkaian KRL berhenti di setiap stasiun pada saat uji coba. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KRL Seri 205 Rangkaian SLO32 Dikirim ke Solo Balapan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×