Lokomotif Diesel Hidrolik PNR Buatan INKA Jalani Uji Loading Gauge

Lokomotif diesel hidrolik buatan INKA milik PNR
Lokomotif diesel hidrolik buatan INKA milik PNR saat menjalani uji loading gauge di Stasiun Tutuban | Foto: PNR

[30/12] Philippine National Railway (PNR) melakukan uji loading gauge di Jalur South Commuter pada Rabu (30/12). Uji loading gauge dilakukan untuk melihat apakah lokomotif diesel hidrolik buatan INKA menyerempet peron atau tidak.

Alih-alih menggunakan simulasi dengan rangkaian lain seperti di Indonesia, uji loading gauge dilakukan secara langsung dengan lokomotif diesel hidrolik buatan INKA. Ini merupakan kali pertama lokomotif diesel hidrolik INKA berjalan di Filipina setelah tiba pada 22 Desember lalu.

Dalam uji loading gauge ini, lokomotif berjalan sendirian dari Tutuban hingga Alabang. Lokomotif berhenti di setiap stasiun untuk melihat apakah lokomotif menyerempet peron atau tidak. Selain itu, lokomotif juga dipantau ketika melintasi perlintasan sebidang dan pemukiman di tepian rel.

Uji loading gauge ini dilakukan untuk mencegah insiden yang menimpa KRDH buatan INKA ketika beroperasi di Filipina. Rangkaian KRDH menyerempet peron akibat kesalahan perhitungan dari pihak PNR ketika kereta dibuat di Indonesia.

Hingga saat ini baru 1 unit lokomotif dari 3 unit yang dibuat yang sudah berjalan di Filipina. Namun belum diketahui kapan lokomotif diesel hidrolik ini akan diujicoba bersama dengan rangkaian kereta penumpang komuter serta kapan keduanya akan beroperasi secara reguler. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: