Sebuah Stasiun di Inggris Hanya Punya 42 Penumpang Tiap Tahunnya

Stasiun Berney Arms
Stasiun Berney Arms di timur Inggris dinobatkan sebagai stasiun paling sepi di Inggris karena hanya punya 42 penumpang tiap tahunnya | Foto: Guardian

[4/12] Masih ingatkah Anda dengan Stasiun Kyu-Shirataki di Hokkaido atau Stasiun Poyakonda di Rusia yang tetap dibiarkan beroperasi meskipun penumpangnya hanya seorang siswi SMA? Ternyata masih ada stasiun yang masih aktif meskipun lebih sepi dari kedua stasiun itu.

Ya inilah Stasiun Berney Arms yang dinobatkan sebagai stasiun paling sepi di Inggris. Seperti dilansir dari Guardian, penobatan ini didasarkan pada data statistik jumlah penumpang tahun 2019-2020. Jumlah penumpang yang naik dan turun di stasiun ini hanya sebanyak 42 penumpang selama setahun. Sedangkan menurut BBC, penurunan penumpang di Stasiun Berney Arms di tahun 2019-2020 adalah sebesar 90% ketimbang 12 bulan sebelumnya.

Salah satu penyebab penurunan penumpang di Stasiun Berney Arms adalah jalur yang ditutup akibat pekerjaan peningkatan persinyalan selama 10 bulan di tahun 2019-2020, Stasiunnya Kembali aktif pada bulan Maret tahun ini. Namun situasi jumlah penumpang diperparah dengan pandemi COVID-19 yang membuat orang menghindari angkutan umum.

Akses menuju stasiun di tepian Sungai Yare ini memang terbilang sulit. Stasiun ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki menyusuri tepian rel. Bangunan stasiun ini sangatlah sederhana yakni hanya sebuah peron rendah, papan nama stasiun dan pagar kayu yang mengitari peron.

Sementara tiga stasiun yang sebelumnya dinobatkan sebagai stasiun paling sepi di Inggris yakni Denton di Greater Manchester serta Thornton dan Stanlow di Chesire mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang. Total sebanyak 92 dan 82 penumpang naik dan turun di stasiun ini. Ketiga stasiun ini tertolong oleh para pecinta kereta api yang rutin menyambangi stasiun ini.

Sementara stasiun paling ramai di Inggris masih dipegang oleh Stasiun London Waterloo dengan jumlah penumpang yang naik dan turun mencapai 82 juta orang. Disusul Stasiun Birmingham New Street dengan jumlah penumpang 46,5 juta orang dan Stasiun Glasgow Central dengan jumlah penumpang 32,5 juta orang. (RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×