Tiga Rangkaian KRL Seri 205 Asal Jalur Musashino Lakukan Uji Dinamis Usai Adaptasi Lingkungan

rangkaian 205-5
Rangkaian 205-5F (eks KeYo M20) bersiap melintas Stasiun Depok Baru pada hari Rabu | Foto: M Virzzy

[4/12] Setelah sebelumnya tiba pada akhir November lalu, kini ketiga rangkaian KRL seri 205 asal jalur Musashino telah jalani uji dinamis di lintas. Selama tiga hari dari Rabu (2/11) sampai Jumat (4/11) dilakukan uji dinamis pada KRL seri 205 rangkaian 205-5F (eks KeYo M20), 205-46F (eks KeYo M4), dan 205-10F (eks KeYo M17).

Proses uji dinamis ini dilakukan setelah proses adaptasi lingkungan yang dilakukan setelah seluruh rangkaian dikirimkan ke Depo Depok. Seperti pada umumnya uji dinamis rangkaian KRL Commuter Line yang baru menjalani adaptasi lingkungan, rute yang dilalui pada uji dinamis ini adalah Depok-Manggarai pp.

Rangkaian 205-46F
Rangkaian 205-46F (eks KeYo M4) sedang meliuk jelang melintas Stasiun Lenteng Agung pada hari Kamis

Pada hari Rabu (2/11), rangkaian yang diuji dinamis adalah rangkaian 205-5F. Menyusul pada hari Kamis adalah rangkaian 205-46F. Dan sebagai penutup serangkaian uji dinamis ini adalah rangkaian 205-10F pada hari Jumat. Proses uji dinamis ini adalah untuk memastikan keandalan sarana KRL ini sebelum digunakan untuk dinas reguler mengangkut penumpang.

Rangkaian 205-10F saat melintas Universitas Pancasila pada hari Jumat
Rangkaian 205-10F saat melintas Universitas Pancasila pada hari Jumat
Old and new. Rangkaian BUD143 dengan livery lama yang masih digunakan meluas dan rangkaian 205-10F dengan livery terbaru KAI Commuter
Old and new. Rangkaian BUD143 dengan livery lama yang masih digunakan meluas dan rangkaian 205-10F dengan livery terbaru KAI Commuter | Foto: Yogatamma Prasetyo

Pada saat uji dinamis ini dilakukan, tampak ketiga rangkaian KRL ini sudah mengenakan livery terbaru dari KAI Commuter. Sedikit berbeda dari livery milik rangkaian SLO9 dan SLO32livery pada ketiga rangkaian ini memiliki warna merah yang lebih pekat. Akan tetapi pola samping yang tidak bertemu dengan striping depan dan atas masih terlihat dalam penerapan kali ini. Selain itu logo yang sekarang digunakan KAI Commuter juga sudah dipasang di bagian samping, tidak lagi menggunakan logo lama dari era Kereta Commuter Indonesia.

Rangkaian 205-5F (eks KeYo M20) saat hendak berangkat dari Stasiun Depok
Rangkaian 205-5F (eks KeYo M20) saat hendak berangkat dari Stasiun Depok. Tampak pola samping livery yang masih tidak bertemu dengan striping muka.
striping samping 205-5
Striping samping dan nomor Kemenhub pada rangkaian 205-5F

Nantinya setelah uji dinamis ini dilakukan, rangkaian ini akan kembali diuji cobakan untuk sertifikasi sebelum dapat berdinas mengangkut penumpang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Tiga Rangkaian KRL Seri 205 Asal Jalur Musashino Lakukan Uji Dinamis Usai Adaptasi Lingkungan

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: