Hindari Kerugian, Pengamat Kebijakan Sarankan Proyek LRT Jakarta Tak Dilanjutkan

LRT Jakarta
Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berangkat dari Stasiun Pulomas menuju Boulevard Utara

[25/1] Pengamat kebijakan Agus Pambagio melontarkan kritiknya terhadap LRT Jakarta. Kritik ini ia sampaikan terhadap operasional LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome (fase 1) dan rencana proyek LRT Jakarta rute Velodrome-Dukuh Atas (fase 2).

Dilansir dari Inews, Agus menilai proyek Pemprov DKI Jakarta akan mengalami kerugian jika proyek LRT Jakarta terus berlanjut. Pemberian ini ia berikan berdasarkan minimnya masyarakat yang berminat menggunakan LRT Jakarta.

Ia juga mengemukakan beberapa penilaian mengapa LRT Jakarta fase 1 tidak efektif, dan proyek LRT Jakarta tidak perlu dibangun. Salah satunya adalah posisi jalur LRT Jakarta yang menghubungkan Velodrome-Kelapa Gading. Menurutnya koridor ini sangat pendek, dan masyarakat setempat lebih memilih menggunakan TransJakarta yang lebih murah dan terjangkau. Menurutnya ia telah menanyakan siapa yang mau naik kalau belum selesai tetapi tidak diteruskan. Lalu ia juga mempertanyakan tiketnya mau berapa, balik pokok kapan, dan apakah mau minta subsidi.

Dilansir dari Okezone, okupansi harian LRT Jakarta saat ini tidak mencapai target. Rencana awal saat dibangun Pemprov DKI Jakarta, jumlah pengguna LRT Jakarta diperkirakan sekitar 14.000 orang sehari. PT LRT Jakarta menilai okupansi ini kecil karena pengaruh PSBB saat pandemi COVID-19, di mana pada saat relaksasi jumlah pengguna per hari bisa mencapai 900 orang. Jumlah ini adalah sekitar 22-25% dari kondisi saat awal pembukaan operasional LRT Jakarta yaitu 4.500 orang sehari. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: