Berita KAIndonesiaKereta Api

PT KAI Perkuat Fondasi Jembatan KA Glagah yang Selamat

jembatan glagah ambruk
Foto udara Jembatan Glagah yang ambruk | Foto: Republika

[18/1] Setelah sebelumnya pada Senin (11/1) lalu jembatan KA Glagah bernomor BH (Bangunan Hikmat) 1120 pada jalur hulu rubuh dan menimbulkan hambatan perjalanan KA. PT KAI Daop 5 Purwokerto kemudian melakukan sejumlah tindakan untuk mendukung keselamatan dan kelancaran perjalanan KA.

Dilansir dari Suara Banyumas, tindakan ini antara lain adalah dengan mengamankan jembatan Glagah yang telah rubuh dan memperkuat fondasi jembatan yang selamat, yaitu jalur hilir. PT KAI memperkuat fondasi jembatan jalur hilir yang selamat dengan menggunakan batu bronjong. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah gerusan Sungai Glagah karena curah hujan yang masih tinggi dan sering terjadinya banjir. Saat ini pihak PT KAI sedang menghitung material yang dibutuhkan untuk perkuatan fondasi ini. Selain itu, jembatan ini juga dipantau oleh petugas selama 24 jam.

Sementara dilansir dari Republika, perjalanan KA saat ini menggunakan sistem jalur tunggal sebagai akibat dari ambruknya jembatan jalur hulu. KA tujuan Purwokerto-Kroya-Lintas Selatan harus berhenti terlebih dulu di Stasiun Linggapura, sedangkan KA tujuan Prupuk-Cirebon-Jakarta/Prupuk-Tegal-Semarang harus berhenti di Stasiun Bumiayu. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan jalur jembatan sebelum dilewati.

Pihak PT KAI Daop 5 pun berharap agar jembatan KA yang baru segera dibangun sehingga perjalanan kembali normal. Sedangkan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartanyo dalam akun media sosialnya pada Jumat (15/1) kemarin juga telah mengunjungi lokasi jembatan yang ambruk tersebut. Rencananya pembangunan jembatan baru ini akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

(RED/IHF)

 

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×