Inilah Tarif Perjalanan KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo

KRL SLO32 di Solo
Rangkaian SLO32 saat memasuki Stasiun Solo Balapan | Foto: Angin Elandajagat

[19/1] Setelah cukup lama menjadi pertanyaan, akhirnya kini jelas berapa tarif perjalanan KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo serta Prambanan Ekspres (Prameks) setelah KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo nantinya beroperasi.

Dalam Webinar “Hadirnya KRL Yogya-Solo”, Direktur Utama KAI Commuter Wiwik Widayanti mengatakan pihaknya telah menetapkan tarif perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Solo serta Prameks. Penetapan tarif ini berdsarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. KP 1385 tahun 2020.

Berbeda dengan Commuter Line Jabodetabek yang menggunakan tarif progresif, tarif Commuter Line Yogyakarta-Solo berlaku flat. Tarifnya Rp 8.000 baik untuk Commuter Line untuk perjalanan Yogyakarta-Solo dan sebaliknya, dan KA Prameks untuk perjalanan  Kutoarjo-Yogyakarta dan sebaliknya.

Paparan materi integrasi tarif
Tarif KRL Yogyakarta-Solo dan KRD Prameks yang disampaikan pada webinar “Hadirnya KRL Yogya-Solo”

Meski tarifnya sama, terdapat perbedaan aturan mengenai jumlah penumpang yang dapat diangkut. Tak ada batasan jumlah penumpang yang dapat diangkut KRL Commuter Line, sedangkan Prameks tetap dibatasi hanya 150 persen dari jumlah kursi. Namun semasa pandemi ini jumlah penumpang KRL Commuter Line dibatasi hanya 74 orang per kereta.

Sementara untuk tiketnya sendiri KAI Commuter tidak menyebutkan ada Tiket Harian Berjaminan (THB) seperti di Jabodetabek. Perjalanan Commuter Line Solo-Jogja hanya disebutkan dapat menggunakan Kartu Multi Trip, kartu bank, dan aplikasi LinkAja.

Tarif Commuter Line Solo-Yogyakarta dan Prambanan Express dapat dicek melalui aplikasi KRL Access. Rencananya Commuter Line Solo-Yogyakarta akan mulai beroperasi pada Februari ini. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Inilah Tarif Perjalanan KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: