Berita KADebutIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KAI Commuter Operasikan KRL Yogyakarta-Solo Stamformasi 8 Kereta

KRL SLO32 dan SLO9
KRL seri 205 rangkaian SLO32 dan SLO9 dengan formasi 8 kereta | Foto: Muhammad Alif Asta Jaya

[15/2] Seiring dengan tingginya animo pengguna KRL Yogyakarta-Solo, KAI Commuter mengoperasikan rangkaian KRL stamformasi 8 kereta di lintas ini. Pengoperasian KRL stamformasi 8 kereta (SF8) ini dilakukan sejak Senin (15/2) tadi dengan menggunakan rangkaian KRL seri 205 SLO9 dan SLO32.

Mengutip rilis resmi KAI Commuter, pengguna KRL Yogyakarta-Solo jumlahnya terus meningkat selama 4 hari operasinya. Pada 10 Februari, tercatat ada 3.236 pengguna. Lalu pada 11 Februari, terdapat 4.464 pengguna, 12 Februari ada 5.132 pengguna, 13 Februari terdapat 5.618 pengguna, dan 14 Februari hingga 19.00 tercatat 5.898 pengguna. Selama lima hari operasional tercatat ada 24.348 pengguna KRL Yogyakarta-Solo.

Oleh karena itu, KAI Commuter melakukan pemanjangan rangkaian untuk optimalisasi kapasitas di tengah pembatasan kapasitas angkut KRL selama pandemi yang hanya 74 orang sebagai upaya jaga jarak aman. Satu rangkaian SF8 dapat memuat 592 orang, sedang satu rangkaian SF4 dapat memuat 296 orang. Selain pemanjangan rangkaian, KAI Commuter juga melakukan penambahan jadwal KRL menjadi 22 perjalanan dalam sehari. Berikut adalah jadwalnya.

Jadwal KRL Yogyakarta-Solo new
Jadwal KRL Yogyakarta-Solo revisi 15 Februari 2021, perjalanan rangkaian 8 kereta ditandai dengan “SF 8” dalam tabel | Foto: KAI Commuter

Pengoperasian KRL SF8 ini dilakukan dengan menggandeng dua rangkaian KRL seri 205 menjadi satu, sehingga terdapat kabin tanpa pintu di tengah, sehingga pengguna yang berada di 4 kereta belakang tidak dapat langsung berpindah ke 4 kereta palng depan.

Kabin tengah SLO32 dan SLO9
Dua kabin milik SLO32 (kiri) dan SLO9 (kanan) yang dibuat bergandengan di tengah rangkaian. Pola seperti ini mirip dengan pola operasi beberapa KRL SF10 dan SF12 di Jabodetabek dengan formasi 6+4 atau 8+4 kereta. | Foto: Angin Elandajagat

Selain itu, peron di sebagian stasiun juga belum dapat menampung rangkaian SF8. Oleh karenanya KAI Commuter mengimbau pengguna untuk menaiki 4 kereta paling depan untuk yang bertujuan stasiun Maguwo hingga Purwosari.

KAI Commuter juga mengimbau para pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan bijak, dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya juga akan mengevaluasi pola operasional agar semakin sesuai dengan kebutuhan penglaju wilayah Yogyakarta-Solo. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “KAI Commuter Operasikan KRL Yogyakarta-Solo Stamformasi 8 Kereta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×