Resmi Berlaku 10 Februari, Beginilah Perubahan pada GAPEKA 2021
KA Eksekutif

Terdapat sejumlah KA Eksekutif yang ramai menjadi poin pembicaraan. Untuk KA dari/tujuan Jakarta ada KA Argo Bromo Anggrek, KA Argo Lawu dan Dwipangga, KA Gajayana, dan KA Bima yang ramai menjadi topik pembicaraan. Sedang untuk KA dari/tujuan Bandung ada KA Argo Wilis dan Turangga yang juga ramai menjadi topik pembicaraan.
KA-KA ini menjadi topik pembicaraan karena pemangkasan waktu tempuh yang cukup jauh. Seperti yang Tim REDaksi sajikan pada tabel di bawah ini, terlihat pemangkasan waktu tempuh yang cukup signifikan bagi KA-KA ini dari relasi awal hingga akhir.


Dari tabel ini, tampak KA-KA seperti Bima, Gajayana, Argo Wilis, dan Turangga mendapatkan peningkatan yang sangat besar dari segi waktu tempuhnya. Pengurangan waktu tempuh pada kedua KA ini rata-rata sekitar hampir 2 jam besarnya. Pemangkasan waktu tempuh ini dimungkinkan karena peningkatan kecepatan di beberapa segmen dan pembangunan jalur ganda. Selain itu, waktu berhenti di stasiun-stasiun besar juga dipersingkat menjadi sekitar 5 menit saja.

Selain itu, KA Argo Wilis dan Turangga yang sempat sampai Jakarta pada GAPEKA 2019 akhirnya kembali ke Bandung. Nomor KA Argo Wilis yang sempat menjadi KA 1 dan 2 pun kembali menjadi milik Argo Bromo Anggrek Pagi. KA Argo Wilis untuk GAPEKA 2021 kembali menjadi KA 5 dan 6. Begitu pula KA Bima yang hingga GAPEKA 2019 sempat meneruskan perjalanannya dari Surabaya Gubeng ke Malang, pada GAPEKA 2021 akan mengakhiri perjalanannya di Stasiun Surabaya Gubeng. KA-KA ini sendiri sudah mengalami pemendekan relasi sejak pandemi COVID-19 melanda.
Halaman Sebelumnya: Pembuka
Halaman Selanjutnya: KA Ekonomi Komersial
Pingback: KAI Kembali Uji Coba Peningkatan Kecepatan di Lintas, Kali Ini ke Merak - Railway Enthusiast Digest