Resmi Berlaku 10 Februari, Beginilah Perubahan pada GAPEKA 2021

KA Eksekutif

KA Bima
KA Bima, salah satu KA Eksekutif yang mengalami percepatan waktu tempuh secara signifikan. Akan tetapi, KA ini resmi akan hanya sampai Surabaya Gubeng pada GAPEKA 2021 mendatang. | Foto: RED/Gilang Fadhli

Terdapat sejumlah KA Eksekutif yang ramai menjadi poin pembicaraan. Untuk KA dari/tujuan Jakarta ada KA Argo Bromo Anggrek, KA Argo Lawu dan Dwipangga, KA Gajayana, dan KA Bima yang ramai menjadi topik pembicaraan. Sedang untuk KA dari/tujuan Bandung ada KA Argo Wilis dan Turangga yang juga ramai menjadi topik pembicaraan.

KA-KA ini menjadi topik pembicaraan karena pemangkasan waktu tempuh yang cukup jauh. Seperti yang Tim REDaksi sajikan pada tabel di bawah ini, terlihat pemangkasan waktu tempuh yang cukup signifikan bagi KA-KA ini dari relasi awal hingga akhir.

"<yoastmark
Jadwal KA Eksekutif dari/tujuan Jakarta (Gambir) pada GAPEKA 2019 dan 2021 | Sumber data: PT KAI, diolah kembali oleh Litbang RED
"Jadwal
Jadwal KA Eksekutif dari/tujuan Bandung pada GAPEKA 2019 dan 2021 | Sumber data: PT KAI, diolah kembali oleh Litbang RED

Dari tabel ini, tampak KA-KA seperti Bima, Gajayana, Argo Wilis, dan Turangga mendapatkan peningkatan yang sangat besar dari segi waktu tempuhnya. Pengurangan waktu tempuh pada kedua KA ini rata-rata sekitar hampir 2 jam besarnya. Pemangkasan waktu tempuh ini dimungkinkan karena peningkatan kecepatan di beberapa segmen dan pembangunan jalur ganda. Selain itu, waktu berhenti di stasiun-stasiun besar juga dipersingkat menjadi sekitar 5 menit saja.

KA Argo Wilis
KA Argo Wilis di Jakarta Kota. KA ini resmi kembali hanya sampai Bandung pada GAPEKA 2021. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu, KA Argo Wilis dan Turangga yang sempat sampai Jakarta pada GAPEKA 2019 akhirnya kembali ke Bandung. Nomor KA Argo Wilis yang sempat menjadi KA 1 dan 2 pun kembali menjadi milik Argo Bromo Anggrek Pagi. KA Argo Wilis untuk GAPEKA 2021 kembali menjadi KA 5 dan 6. Begitu pula KA Bima yang hingga GAPEKA 2019 sempat meneruskan perjalanannya dari Surabaya Gubeng ke Malang, pada GAPEKA 2021 akan mengakhiri perjalanannya di Stasiun Surabaya Gubeng. KA-KA ini sendiri sudah mengalami pemendekan relasi sejak pandemi COVID-19 melanda.

Halaman Sebelumnya: Pembuka
Halaman Selanjutnya: KA Ekonomi Komersial

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Pages ( 2 of 6 ): « Sebelumnya1 2 3456Berikutnya »

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: