Tokyu Pertama Livery Baru, KRL Seri 8500 Rangkaian 8618F Diujicobakan

[25/2]Â Menjadi KRL seri 8500 eks Tokyu pertama dengan livery baru KAI Commuter, KAI Commuter mengujicobakan rangkaian 8618F setelah menjalani perawatan 48 bulanan (P48) pada bulan Januari 2021. KAI Commuter mengujicobakan rangkaian ini pada rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok siang ini (25/2).
Rangkaian yang sejatinya dimiliki oleh induk dari KAI Commuter yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) ini merupakan rangkaian KRL eks Tokyu terakhir dari total empat rangkaian yang menjalani P48 pada tahun 2020 dan 2021. Menurut nomor lambung masing-masing rangkaian KRL eks Tokyu, program perawatan berat berikutnya adalah perawatan 24 bulanan (P24) yang akan dilakukan pada tahun 2022 dan 2023.
Seperti halnya 8003F, 8618F langsung diujicobakan dengan stamformasi bakunya yaitu 12 kereta (SF12). Sementara itu, dua rangkaian lainnya yaitu 8604F dan 8610F pada awalnya diujicobakan dengan stamformasi 8 kereta (SF8) akibat beberapa unit keretanya terendam banjir di Depo KRL Bukit Duri pada Januari 2020 lalu. Namun pada Januari 2021 lalu, rangkaian 8610F telah kembali menjadi rangkaian SF12.


Dari penampilan rangkaian, tampak bagian diagonal pada sisi kabin masinis yang menurut penulis lebih rapi dari diagonal pada KRL seri 205. Walau demikian, diagonal ini masih tidak tersambung sempurna dengan striping muka KRL.

Selain itu, angka pada pelat nomor di tiap unit kereta juga dicat hitam. Sebelumnya, KAI Commuter tidak mengecat angka di pelat nomor rangkaian eks Tokyu lainnya dan baru dilakukan pada 8618F. Pengecatan angka di pelat nomor ini mengikuti standar yang diterapkan pada rangkaian KRL eks Tokyo Metro seri 6000.
Setelah uji coba, rangkaian akan dievaluasi sebelum dapat kembali penumpang. Evaluasi hasil uji coba ini dilakukan untuk memastikan kehandalan rangkaian agar meminimalisir gangguan pada saat rangkaian kembali beroperasi. (RED/MPF)
Izin ambil foto ini