14 Maret, KA Bangunkarta Kembali Beroperasi dengan Relasi Baru

KA Anjasmoro yang serupa dengan KA Bangunkarta baru
KA Anjasmoro relasi Pasar-Senen Jombang via Yogyakarta pp yang namanya kini berganti menjadi KA Bangunkarta. Armada yang digunakan KA Bangunkarta ini serupa dengan KA Anjasmoro. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

[8/3] Setelah tak nampak selama beberapa lama, nama KA Bangunkarta akan kembali beredar di dunia kereta api Indonesia di GAPEKA 2021. Akan tetapi, KA Bangunkarta yang baru ini memiliki sejumlah perubahan dari yang sebelumnya ada.

Berbeda dengan KA Bangunkarta yang sebelumnya melayani relasi Surabaya Gubeng-Gambir via Semarang Tawang, KA Bangunkarta pada GAPEKA 2021 kali ini melayani relasi Jombang-Pasar Senen via Yogyakarta, menggantikan nama KA Anjasmoro. KA Bangunkarta yang sebelumnya ada mengalami pengalihan relasi menjadi Gambir-Malang pp via Semarang Tawang dengan nama KA Brawijaya.

Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi peroleh dari aplikasi pemesanan KA, rangkaian KA Bangunkarta kali ini akan menggunakan 4 kereta eksekutif dan 5 kereta ekonomi. Berikut adalah jadwal KA Bangunkarta.

Jadwal KA Bangunkarta
Jadwal KA Bangunkarta | Sumber data: PT KAI

Untuk diperhatikan, KA Bangunkarta hanya beroperasi satu arah dari Jombang pada tanggal 14 Maret. Belum ada informasi kapan KA Bangunkarta dari Pasar Senen ke Jombang juga akan beroperasi. Pembaca yang butuh bepergian dengan KA ke Jombang dari Pasar Senen dapat menggunakan KA Jayakarta.

Perbaruan 15 Maret 2021: KA Bangunkarta akan beroperasi dari Pasar Senen ke Jombang pada 19 Maret mendatang.

Nama KA Bangunkarta sendiri telah memiliki sejarah yang panjang. KA ini pada awalnya melayani Pasar Senen-Jombang dengan kelas bisnis dan eksekutif. Pada tahun 2009, KA Bangunkarta pun berubah menjadi KA eksekutif. Dan pada 2013 pemberangkatannya berpindah ke Stasiun Gambir dan rutenya diperpanjang ke Surabaya Gubeng yang bertahan hingga 2021.

Mengingat KA Bangunkarta adalah KA jarak jauh, seluruh persyaratan bepergian dengan KA berlaku untuk KA Bangunkarta. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×