Trase LRT Jakarta akan Berlanjut dari Klender hingga Cawang

LRT Jakarta
Ilustrasi LRT Jakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

[29/4] Setelah sebelumnya dikabarkan akan berubah trase dari Velodrome-Manggarai menjadi Velodrome-Klender, kini muncul rencana trase LRT Jakarta akan menjadi Klender hingga Cawang.

Diansir dari Detik Finance, Kadishub DKI Syahrin Liputo menyebutkan rencana perubahan trase LRT Jakarta ke Cawang telah mendapat restu dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Meskipun demikian, masih ada studi kelayakan yang wajib disetor ke Kemenhub.

Dishub DKI sendiri mengusulkan mencabut program trase sebelumnya yaitu dari Velodrome-Manggarai. Perubahan dari trase yang tertera dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) terbaru pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 ini memiliki beberapa faktor.

Pertama, pembangunan LRT Jakarta akan bersinggungan dengan rel layang di Stasiun Manggarai. Jika tetap dibangun, maka jalur LRT Jakarta harus dibuat setinggi 20 meter, yang Syafrin nilai membahayakan keselamatan. Terkait ini, menurut Syafrin pihak Kemenhub telah meminta pihaknya untuk meninjau kembali rute ini pada 2018 silam.

Kedua, integrasi yang akan ada di Stasiun Manggarai dinilai kurang efektif. Hal ini karena lahan yang tersedia untuk stasiun LRT Jakarta sejauh 500 meter dari Stasiun Manggarai. Akibatnya integrasi dinilai menjadi cukup jauh. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×