Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jakarta

Trase LRT Jakarta akan Berlanjut dari Klender hingga Cawang

LRT Jakarta
Ilustrasi LRT Jakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

[29/4] Setelah sebelumnya dikabarkan akan berubah trase dari Velodrome-Manggarai menjadi Velodrome-Klender, kini muncul rencana trase LRT Jakarta akan menjadi Klender hingga Cawang.

Diansir dari Detik Finance, Kadishub DKI Syahrin Liputo menyebutkan rencana perubahan trase LRT Jakarta ke Cawang telah mendapat restu dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Meskipun demikian, masih ada studi kelayakan yang wajib disetor ke Kemenhub.

Dishub DKI sendiri mengusulkan mencabut program trase sebelumnya yaitu dari Velodrome-Manggarai. Perubahan dari trase yang tertera dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) terbaru pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 ini memiliki beberapa faktor.

Pertama, pembangunan LRT Jakarta akan bersinggungan dengan rel layang di Stasiun Manggarai. Jika tetap dibangun, maka jalur LRT Jakarta harus dibuat setinggi 20 meter, yang Syafrin nilai membahayakan keselamatan. Terkait ini, menurut Syafrin pihak Kemenhub telah meminta pihaknya untuk meninjau kembali rute ini pada 2018 silam.

Kedua, integrasi yang akan ada di Stasiun Manggarai dinilai kurang efektif. Hal ini karena lahan yang tersedia untuk stasiun LRT Jakarta sejauh 500 meter dari Stasiun Manggarai. Akibatnya integrasi dinilai menjadi cukup jauh. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Trase LRT Jakarta akan Berlanjut dari Klender hingga Cawang

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×