Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jakarta

LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai Resmi Dibangun

LRT Jakarta
Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berbelok memasuki jalur 2 Stasiun Velodrome | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 30/10 – Setelah bertahun-tahun lamanya menggantung, akhirnya LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai resmi dibangun. Groundbreaking pembangunan Jalur LRT Jakarta Fase 1B dilakukan pada Senin (30/10) di Stasiun Velodrome, Rawamangun.

Pembangunan ditandai dengan penekanan tombol tanda dimulainya proyek oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Satrio, petinggi LRT  Jakarta, dan petinggi Jakpro. Groundbreaking juga dihadiri oleh pejabat DPRD DKI, anggota FORKOPIMDA DKI Jakarta, serta tokoh masyarakat.

Groundbreaking pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai pada Senin (30/10) | Tangkapan Layar dari Livestream Pemprov DKI Jakarta

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Satrio dalam sambutannya mengatakan dengan adanya Jalur LRT Jakarta Fase 1B dapat mempersingkat waktu tempuh antara Velodrome ke Manggarai menjadi hanya 26 menit.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif Pemprov DKI Jakarta dalam membangun layanan angkutan umum. Ia mengatakan DKI Jakarta menjadi role model pembangunan di daerah-daerah lainnya. Budi berharap kehadiran LRT Jakarta Fase 1B ini dapat memperkuat integrasi antar moda rel serta mengurangi kemacetan di Jakarta.

Jalur LRT Jakarta Fase 1B rencananya akan membentang sejauh 6,4 km dengan 5 stasiun perhentian yakni Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Ditargetkan Jalur LRT Jakarta Fase 1B akan rampung sampai Pasar Pramuka pada 2024 dan Manggarai pada 2026.

Perjalanan LRT Jakarta Fase 1B cukup panjang dan berliku sebelum akhirnya mulai dibangun. Pada 2021 lalu trase LRT Jakarta Fase 1B sempat akan digeser ke Klender. Sebelum akhirnya diputuskan LRT Jakarta Fase 1B tetap dibangun ke Manggarai.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai Resmi Dibangun

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×