Jalur KA ke Pelabuhan Panjang Kembali Diujicobakan dengan Lokomotif CC205

CC205 pelabuhan panjang
Lokomotif CC2051303 saat sedang melintasi jalur ke Pelabuhan Panjang | Foto: Iham Fahwa

[12/6] Setelah hampir 8 tahun jalur rel kereta api dari stasiun Pidada menuju pelabuhan Panjang tidak digunakan sejak diujicobakan dengan lokomotif CC202, jalur KA ini kembali dilalui lokomotif.

Pada hari Kamis (10/6) PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang melakukan ujicoba lintas non-aktif Pidada-Panjang. Jalur ini kembali diaktifikan setelah revitalisasi dan perbaikan untuk mempersiapkan kedatangan lokomotif CC205 terbaru sebanyak 12 unit.

Ujicoba jalur nonaktif ini menggunakan lokomotif CC2051303 (CC20509) dari stasiun Tarahan. Lokomotif baru CC205 sebanyak 12 unit rencananya akan mendarat di dermaga pelabuhan Panjang pada tanggal 13 Juni apabila tidak ada kendala.

Lokomotif CC205 CC2051303
Lokomotif CC2051303 dan penggemar KA yang sedang memotret | Foto: Iham Fahwa

Aktifnya jalur Pidada-Panjang bersifat sementara guna mempermudah pemindahan CC205 dari pelabuhan menuju depo Tanjung Karang, tempat sementara lokomotif yang baru datang seperti saat datanngnya dua unit CC205 eks kecelakaan di Negeri Agung. Namun perbedaannya, saat itu dua unit lokomotif CC205 tersebut ditaruh di Pidada dan dipindahkan menggunakan truk dari dermaga.

Selama ujicoba berlangsung, ujicoba berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sembari mengecek keadaan rel yang sudah lama tidak terpakai. Berdasarkan Instagram Baradipat, ke depannya jalur Pidada-Panjang dalam jangka panjang rencananya akan melayani kereta api barang. (RED Citizen/Iham Fahwa/GM-MarKA)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Jalur KA ke Pelabuhan Panjang Kembali Diujicobakan dengan Lokomotif CC205

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×