Berita KAInternasionalKereta Api

Mitsubishi Electric Palsukan Data Pengujian Pendingin Udara Kereta

KRL Mitsubishi
Ilustrasi KRL untuk New York Subway yang memiliki komponen Mitsubishi Electric | Foto: Nikkei Asia

[12/7] Kabar kurang sedap berembus dari dunia kereta api Jepang. Pasalnya Mitsubishi terungkap mencurangi data inspeksi perlengkapan pendingin udara untuk kereta.

Dilansir dari Nikkei Asia, dugaan kecurangan ini bahkan sudah berlangsung dari 1980an. Proses inspeksi yang diduga dicurangi ini diketahui dari proses investigasi internal. Pemalsuan data inspeksi ini sendiri telah terungkap pada pertengahan Juni lalu dan telah dilaporkan ke Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (Ministry of Economy, Trade and Industry).

Penemuan ini menandakan skandal terbaru yang berpotensi menciptakan keraguan terhadap kualitas pemeriksaan industri Jepang. Sebelumnya juga terdapat masalah serupa pada perlengkapan keselamatan gempa bumi, mobil, dan manufaktur baja.

Permasalahan data inspeksi ini juga mencakup data inspeksi terhadap perlengkapan yang sebenarnya tidak pernah diinspeksi. Meskipun demikian, pihak Mitsubishi menyebutkan tidak ada dampak terhadap keselamatan, fitur, atau performansi produk tersebut. Model yang terdampak juga saat ini sedang diinvestigasi Mitsubishi.

Meski demikian, para pemegang saham tidak diberitahu akan penemuan ini pada rapat umum tahunan perusahaan. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×