Ulang Tahun ke-76, KAI Operasikan Lokomotif dan Kereta Tematik

tematik ulang tahun
Lokomotif CC2061339 menghela KA Argo Wilis tujuan Surabaya Gubeng. Lokomotifnya sudah bertema HUT ke-76 KAI, namun rangkaiannya masih bertema HUT ke-76 Republik Indonesia. | Foto: Al-Hakim Luqman BJ/Garut Railfans

REDigest.web.id, 28/9 – Tradisi lokomotif dan kereta tematik kembali berlanjut. Di ulang tahun ke-76, PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) kembali mengoperasikan lokomotif dan kereta tematik dengan wrapping ulang tahun ke-76. Sebanyak 12 lokomotif CC206 menjadi lokomotif tematik ulang tahun ke-76 KAI.

Selain 12 lokomotif CC206, beberapa rangkaian kereta api (KA) unggulan juga diberi wrapping tematik ulang tahun KAI. Seperti pada rangkaian KA Argo Lawu, di mana wrapping tematik sudah terpasang pada kereta-kereta eksekutif dalam rangkaian tersebut. Sementara itu, wrapping tematik tampak belum terpasang pada rangkaian KA Argo Wilis, di mana wrapping yang terpasang masihlah wrapping HUT ke-76 Republik Indonesia.

Beberapa lokomotif yang terdaftar sebagai lokomotif tematik HUT ke-76 KAI pun tampak belum menggunakan wrapping tersebut. Seperti lokomotif CC2061502 milik Depo Lokomotif Cipinang yang masih menggunakan wrapping HUT ke-76 Republik Indonesia. Namun lokomotif CC2061508 milik Depo Lokomotif Bandung tampak sudah menggunakan wrapping HUT ke-76 KAI.

Daftar lokomotif tematik HUT ke-76 KAI menurut informasi yang Tim REDaksi peroleh | Tabel oleh Tim REDaksi
Lokomotif CC2061502 menghela KA 7 Argo Lawu tujuan Gambir berangkat dari Stasiun Solo Balapan. Berkebalikan dengan foto pertama, lokomotifnya masih bertema HUT ke-76 Republik Indonesia, sedangkan rangkaiannya sudah bertema HUT ke-76 KAI. | Foto: Angin Elandajagat

Seperti halnya lokomotif dan kereta tematik sebelumnya, hanya KA tertentu yang menggunakan lokomotif dan rangkaian tematik HUT ke-76 KAI. KA-KA tersebut adalah Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Taksaka. KA-KA ini juga sekaligus merupakan KA yang waktu tempuhnya telah dipersingkat dengan peningkatan kecepatan hingga 120 km/jam sejak Jumat (24/9) lalu.

Tematik ulang tahun ke-76 KAI merupakan hasil sayembara

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KAI121 (@kai121_)

Desain dari wrapping tematik ini merupakan hasil dari sayembara yang dilakukan KAI pada 18-23 September 2021 lalu. KAI mengumumkan pemenang dari sayembara ini pada Minggu (26/9) lalu lewat media sosial Twitter.

Sebelumnya KAI telah beberapa kali mengoperasikan sarana perkeretaapian dengan tematik hari-hari besar di Indonesia. Tematik tersebut yaitu tematik angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, angkutan lebaran Idulfitri 2021, dan HUT ke-76 Republik Indonesia. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×