Sekarang Bisa Naik MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan TransJakarta Pakai KMT

KMT MRT Jakarta
Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan di moda lain seperti MRT Jakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 13/10 – Di linimasa media sosial, pecinta kereta api dan penumpang Commuter Line tengah dihebohkan oleh kabar bisa digunakannya Kartu Multi Trip atau KMT terbitan KAI Commuter yang dapat digunakan untuk perjalanan MRT Jakarta dan TransJakarta.

KAI Commuter bersama JakLingko saat ini tengah melakukan uji coba penggunaan KMT untuk perjalanan sejumlah moda transportasi di Jakarta seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan TransJakarta. Uji coba ini dimaksudkan untuk mengintegrasikan penggunaan KMT untuk moda transportasi lain selain Commuter Line.

Tim REDaksi pun turut mencoba menggunakan KMT untuk moda transportasi selain Commuter Line. Dimulai dari MRT Jakarta, tak seperti Kartu Jelajah ataupun kartu bank untuk pengguna KMT yang hendak tap in atau pun tap out dapat melakukan tap di scanner kode QR, bukan di mesin gatenya secara langsung.

Tidak terdapat masalah pada saat tap in ataupun tap out. Proses pembacaannya pun cukup singkat yakni kurang dari 1 detik.

Kartu KMT yang dapat dibaca menggunakan scanner QR code di gate MRT Jakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Sementara untuk TransJakarta, mesin gate di Halte Tosari dan Blok M bisa membaca KMT dengan baik tanpa ada masalah. Pengguna dapat melakukan tap dengan menempelkan kartu di tempat scan kartu yang ada di gate. Meski demikian, pembacaan kartu masih dirasa cukup lambat. Selain itu KMT masih belum bisa digunakan pada mesin Tap on Bus (ToB) di bus non koridor.

KMT TransJakarta
Kartu KMT yang dapat dibaca di gate halte TransJakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Selanjutnya untuk LRT Jakarta, sama seperti di MRT Jakarta tempat untuk membaca KMT ditempatkan terpisah dari gate. KMT dapat dibaca menggunakan mesin tap Jak Lingko yang ada di atas mesin. KMT juga dapat digunakan pada mesin gate terintegrasi yang menghubungkan Stasiun LRT Velodrome dengan Halte TransJakarta Pemuda Rawamangun.

Tidak ada masalah untuk mesin melakukan pembacaan. Hanya saja mesin masih harus loading ketika kartu ditempelkan sehingga proses pembacaan berjalan cukup lambat.

Kartu KMT yang dapat dibaca menggunakan mesin tap Jak Lingko di gate LRT Jakarta | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Seperti dikutip dari rilis pers KAI Commuter, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya menyambut baik uji coba KMT pada sejumlah moda transportasi di Jakarta. Ia berharap dapat digunakannya KMT sebagai alat pembayaran moda transportasi di Jakarta dapat mempermudah pengguna untuk menggunakan moda transportasi lanjutan Commuter Line.

Ia juga menjelaskan untuk aturan minimum saldo dan penalti tetap mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing moda transportasi. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×