Beginilah Suasana Hari Pertama Pengoperasian Bangunan Baru Stasiun Bekasi
REDigest.web.id, 22/11 – Setelah sebelumnya mengabarkan akan kembali dilakukan switch over pada Minggu (21/11), kali ini Tim REDaksi meliput suasana hari pertama setelah switch over Stasiun Bekasi. Pada kesempatan kali ini, Tim REDaksi tiba di Stasiun Bekasi pada Minggu siang, sekitar pukul 13.30.
Perubahan pada Stasiun Bekasi ini sendiri memang sudah berlangsung lama. Pada April lalu, peron jalur 6 dan 7 Stasiun Bekasi telah aktif. Pengaktifan bangunan baru Stasiun Bekasi ini merupakan tahap selanjutnya dari perubahan pada Stasiun Bekasi. Setelah ini, bangunan baru Stasiun Bekasi sisi utara akan mulai dibangun.
Peron Baru Stasiun Bekasi
Dengan layout Stasiun Bekasi yang baru, kini KRL Commuter Line tujuan akhir/pemberangkatan Bekasi akan masuk di jalur 4 dan 7. Sedangkan jalur 5 dan 6 penggunaannya berbagi antara KRL Commuter Line dan KA jarak jauh yang berhenti ataupun berjalan langsung di Stasiun Bekasi.
Seperti halnya peron Stasiun Bekasi yang lama, peron Stasiun Bekasi yang baru dibuat agar dapat menampung rangkaian hingga stamformasi 16 kereta. Untuk ukuran peron sendiri tampak standar, kecuali di bagian dekat-dekat tangga dan eskalator di mana peron ini menjadi cukup sempit.
Selain itu, juga terdapat jalur 8 yang tidak digunakan untuk penumpang. Jalur ini hanya beroperasi untuk tempat stabling rangkaian KRL Commuter Line, menggantikan PUK Bekasi.
Untuk penampil informasi kedatangan kereta sendiri saat liputan Tim REDaksi tidak tersedia. Papan tersebut karena alasan tertentu masih terpasang dan aktif justru di peron lama.
Bagunan Baru Stasiun Bekasi
Bangunan baru Stasiun Bekasi dapat diakses dari peron dengan menggunakan tangga di sisi timur peron Stasiun Bekasi. Tampak gate in dan gate out yang berada di sisi timur. Pada saat Tim REDaksi meliput, seluruh gate baik di sisi utara dan selatan dapat digunakan untuk keluar ataupun masuk. Namun melihat penanda jaga jarak di lantai, ada kemungkinan gate sisi selatan bisa dikhususkan untuk gate masuk jika kondisi membutuhkan.
Di sisi barat yakni sebelah tangga menuju jalur 6 dan 7 terdapat fasilitas berupa pos kesehatan dan ruang menyusui. Tepat di sebelahnya terdapat akses menuju toilet dan musala. Musala dan toilet wanita berada di sebelah kiri (selatan), sedangkan musala dan toilet pria berada di sebelah kanan (utara). Sementara itu, juga terdapat ruang tunggu untuk pengguna KA jarak jauh di sini.
Yang perlu diperhatikan adalah tidak ada loket di bangunan baru Stasiun Bekasi. Hanya terdapat dua buah vending machine Kartu Multi Trip di antara gate sisi selatan dan utara. Loket Stasiun Bekasi kini hanya tersedia di sisi selatan, tepatnya di eks gate sisi selatan Stasiun Bekasi.
Selain itu, tampak jelas bangunan baru Stasiun Bekasi ini sedang dalam pengerjaan. Tampak ujung utara dari bangunan ini yang masih ditutupi oleh penutup sementara, mengingat Stasiun Bekasi akan diperpanjang ke arah utara.
Akses Masuk
Untuk akses masuk Stasiun Bekasi semasa konstruksi ini bisa dibilang njelimet atau sulit. Demi kemudahan Tim REDaksi akan membagi bagian ini menjadi dua bagian.
Sisi Selatan
Untuk dari sisi selatan, cara mengakses stasiun Bekasi ini cukup straightforward. Dari pintu masuk, pembaca melewati loket pelayanan tes cepat antigen dan KRL Commuter Line. Selanjutnya pembaca langsung dapat menggunakan tangga atau eskalator untuk mengakses bangunan baru Stasiun Bekasi.
Sisi Utara
Sementara dari sisi utara, cara mengakses stasiun Bekasi ini lebih rumit. Pembaca dari lahan parkir sisi utara harus menyeberangi rel eks jalur 1 Stasiun Bekasi. Selanjutnya pembaca harus kembali menyeberangi bekas wesel X di sisi timur Stasiun Bekasi, di mana pembaca akan mengalami pemeriksaan vaksinasi/aplikasi PeduliLindungi.
Dari sini, pembaca kemudian wajib menyeberangi jalur 4-7 Stasiun Bekasi sebelum kemudian menemukan akses utama Stasiun Bekasi. Pembaca tentu saja tidak dapat langsung naik ke peron meskipun ada tangga di sisi ujung peron.
Oleh karena rumitnya akses Stasiun Bekasi dari sisi utara dan minimnya signage serta petugas, banyak pengguna yang nyasar pada hari pertama. Tim REDaksi yang saat itu berbelanja minuman di Loko Coffee yang masih buka pun harus membantu mengarahkan beberapa orang yang mencoba masuk lewat pintu lama yang telah ditutup.
Demikian liputan Tim REDaksi terhadap bangunan baru Stasiun Bekasi pada hari pertama pengoperasiannya. Bagaimana pengalaman pembaca? (RED/IHF)