Beginilah Suasana Hari Pertama Pengoperasian Bangunan Baru Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi baru
Bangunan baru Stasiun Bekasi dari penyeberangan ke sisi utara | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 22/11 – Setelah sebelumnya mengabarkan akan kembali dilakukan switch over pada Minggu (21/11), kali ini Tim REDaksi meliput suasana hari pertama setelah switch over Stasiun Bekasi. Pada kesempatan kali ini, Tim REDaksi tiba di Stasiun Bekasi pada Minggu siang, sekitar pukul 13.30.

Perubahan pada Stasiun Bekasi ini sendiri memang sudah berlangsung lama. Pada April lalu, peron jalur 6 dan 7 Stasiun Bekasi telah aktif. Pengaktifan bangunan baru Stasiun Bekasi ini merupakan tahap selanjutnya dari perubahan pada Stasiun Bekasi. Setelah ini, bangunan baru Stasiun Bekasi sisi utara akan mulai dibangun.

Peron Baru Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi setelah switch over
Peron Stasiun Bekasi setelah switch over, tampak BUD102+129 sedang di jalur 4 diapit dua peron | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Dengan layout Stasiun Bekasi yang baru, kini KRL Commuter Line tujuan akhir/pemberangkatan Bekasi akan masuk di jalur 4 dan 7. Sedangkan jalur 5 dan 6 penggunaannya berbagi antara KRL Commuter Line dan KA jarak jauh yang berhenti ataupun berjalan langsung di Stasiun Bekasi.

Seperti halnya peron Stasiun Bekasi yang lama, peron Stasiun Bekasi yang baru dibuat agar dapat menampung rangkaian hingga stamformasi 16 kereta. Untuk ukuran peron sendiri tampak standar, kecuali di bagian dekat-dekat tangga dan eskalator di mana peron ini menjadi cukup sempit.

Tangga Stasiun Bekasi
Tangga menuju bangunan baru Stasiun Bekasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu, juga terdapat jalur 8 yang tidak digunakan untuk penumpang. Jalur ini hanya beroperasi untuk tempat stabling rangkaian KRL Commuter Line, menggantikan PUK Bekasi.

Papan informasi kedatangan KRL yang masih ada di peron lama saat liputan, Minggu (21/11) | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk penampil informasi kedatangan kereta sendiri saat liputan Tim REDaksi tidak tersedia. Papan tersebut karena alasan tertentu masih terpasang dan aktif justru di peron lama.

Bagunan Baru Stasiun Bekasi

Gate bangunan baru Bekasi
Gate in untuk masuk Stasiun Bekasi di bangunan baru, dengan pintu untuk pengguna KA jarak jauh di sebelah kirinya | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Bangunan baru Stasiun Bekasi dapat diakses dari peron dengan menggunakan tangga di sisi timur peron Stasiun Bekasi. Tampak gate in dan gate out yang berada di sisi timur. Pada saat Tim REDaksi meliput, seluruh gate baik di sisi utara dan selatan dapat digunakan untuk keluar ataupun masuk. Namun melihat penanda jaga jarak di lantai, ada kemungkinan gate sisi selatan bisa dikhususkan untuk gate masuk jika kondisi membutuhkan.

Ruang tunggu KA jarak jauh di Stasiun Bekasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Di sisi barat yakni sebelah tangga menuju jalur 6 dan 7 terdapat fasilitas berupa pos kesehatan dan ruang menyusui. Tepat di sebelahnya terdapat akses menuju toilet dan musala. Musala dan toilet wanita berada di sebelah kiri (selatan), sedangkan musala dan toilet pria berada di sebelah kanan (utara). Sementara itu, juga terdapat ruang tunggu untuk pengguna KA jarak jauh di sini.

Loket KRL Bekasi baru
Loket KRL Commuter Line yang berada di sisi selatan | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Yang perlu diperhatikan adalah tidak ada loket di bangunan baru Stasiun Bekasi. Hanya terdapat dua buah vending machine Kartu Multi Trip di antara gate sisi selatan dan utara. Loket Stasiun Bekasi kini hanya tersedia di sisi selatan, tepatnya di eks gate sisi selatan Stasiun Bekasi.

Pembangunan Stasiun Bekasi
Pembangunan Stasiun Bekasi yang akan berlanjut ke sisi utara | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu, tampak jelas bangunan baru Stasiun Bekasi ini sedang dalam pengerjaan. Tampak ujung utara dari bangunan ini yang masih ditutupi oleh penutup sementara, mengingat Stasiun Bekasi akan diperpanjang ke arah utara.

Akses Masuk

Tangga dan eskalator ke gedung utama Stasiun Bekasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk akses masuk Stasiun Bekasi semasa konstruksi ini bisa dibilang njelimet atau sulit. Demi kemudahan Tim REDaksi akan membagi bagian ini menjadi dua bagian.

Denah bangunan Stasiun Bekasi
Denah alur masuk pengguna ke bangunan baru Stasiun Bekasi dari sisi utara dan selatan | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sisi Selatan

Antigen Bekasi
Tempat pelayanan tes cepat antigen Stasiun Bekasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk dari sisi selatan, cara mengakses stasiun Bekasi ini cukup straightforward. Dari pintu masuk, pembaca melewati loket pelayanan tes cepat antigen dan KRL Commuter Line. Selanjutnya pembaca langsung dapat menggunakan tangga atau eskalator untuk mengakses bangunan baru Stasiun Bekasi.

Sisi Utara

Bekasi Utara
Penyeberangan sementara di sisi utara Bekasi, menghadap keluar | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sementara dari sisi utara, cara mengakses stasiun Bekasi ini lebih rumit. Pembaca dari lahan parkir sisi utara harus menyeberangi rel eks jalur 1 Stasiun Bekasi. Selanjutnya pembaca harus kembali menyeberangi bekas wesel X di sisi timur Stasiun Bekasi, di mana pembaca akan mengalami pemeriksaan vaksinasi/aplikasi PeduliLindungi.

Penyeberangan Bekasi baru
Penyeberangan antara sisi utara dan selatan Stasiun Bekasi yang masih melewati jalur aktif | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Dari sini, pembaca kemudian wajib menyeberangi jalur 4-7 Stasiun Bekasi sebelum kemudian menemukan akses utama Stasiun Bekasi. Pembaca tentu saja tidak dapat langsung naik ke peron meskipun ada tangga di sisi ujung peron.

Loket Bekasi utara tutup
Loket dan gate Bekasi sisi utara yang saat liputan Minggu (21/11) tidak lagi beroperasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Oleh karena rumitnya akses Stasiun Bekasi dari sisi utara dan minimnya signage serta petugas, banyak pengguna yang nyasar pada hari pertama. Tim REDaksi yang saat itu berbelanja minuman di Loko Coffee yang masih buka pun harus membantu mengarahkan beberapa orang yang mencoba masuk lewat pintu lama yang telah ditutup.

Bagian eskalator yang diletakkan di sisi utara Stasiun Bekasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Demikian liputan Tim REDaksi terhadap bangunan baru Stasiun Bekasi pada hari pertama pengoperasiannya. Bagaimana pengalaman pembaca? (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: