Fakta KAKereta ApiTeknis

Beginilah Makna Tulisan PEM Pada Penomoran Sarana Grup KAI

Makna Tulisan PEM
Tulisan PEM pada kotak penomoran sarana. Sering terlihat, minim penjelasan. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id – Dalam webinar KAI bertajuk “Pengelolaan Sarana Kereta Api”, terdapat banyak penjelasan poin-poin menarik terkait teknis sarana KAI.

Di antara poin-poin tersebut adalah poin yang mungkin sudah sering pecinta kereta api lihat, namun masih membuat penasaran. Poin tersebut adalah makna tulisan PEM di kotak penomoran sarana.

Tulisan ini mungkin sudah acapkali teman-teman pecinta kereta lihat, tetapi penjelasan yang mudah diperoleh masih sedikit.

Tetapi jangan khawatir, kali ini Tim REDaksi akan jelaskan makna tulisan PEM dan penerapannya di lapangan. Simaklah terus tulisan ini!

Apa makna tulisan PEM?

Makna Tulisan PEM
Penjelasan makna tulisan PEM dari presentasi KAI pada Minggu (28/11) kemarin | Sumber: Presentasi KAI

Presentasi dari KAI ini menjelaskan bahwa PEM bermakna PEMeliharaan, dan tertulis di atas kolom pemeliharaan. Di sebelah PEM terdapat tulisan tahun, seperti misal PEM 2013 yang artinya PEMeliharaan tahun 2013.

Kolom pemeliharaan ini sendiri terdiri atas 24 kotak yang terbagi atas dua tahun. Pada setiap tahun, terdapat 12 kolom yang melambangkan bulan. Bulan Januari terdapat pada pojok kiri atas, dan bulan Desember terdapat pada pojok kanan bawah.

Jenis perawatan dan tanggal perawatannya tertulis dalam setiap kolom. Misalkan pada kolom pertama terdapat tulisan [1/24], artinya perawatan rutin 1 bulan (P1) untuk sarana tersebut telah terlaksana pada tanggal 24 Januari.

Begitu pula kemudian saat sarana tersebut menjalani perawatan rutin 3 bulan (P3), 6 bulan (P6), dan 12 bulan (P12). Pada sarana tersebut akan tertulis jenis perawatan yang sesuai dan tanggalnya.

Seperti misal kolom ketiga tertulis [3/24], artinya P3 berlangsung pada 24 Maret. Kemudian kolom keenam tertulis [6/24] yang artinya sarana ini mendapat P6 pada 24 Juni.

Praktik Penggunaan di Lapangan

Kolom PEM pada KRL seri 6000 rangkaian 6122F milik Bogor | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Contoh pertama praktik penggunaan kolom pemeliharaan ini adalah pada sarana KRL Commuter Line yang notabene merupakan sebuah kereta.

Contoh di atas adalah dari KRL rangkaian 6122F yang telah menjalani perawatan 48 bulanan (P48) pada September 2020. Pada kolom ke-10 di bawah PEM 2020 tertulis [1/17], yaitu perawatan 1 bulanan tanggal 17 Oktober.

Sedang pada kolom ke-12, tertulis [3/09] yaitu perawatan 3 bulanan pada tanggal 9 Desember. Begitu pula pada kolom ke-3 tahun 2021 tertulis [6/01].

Contoh lain dari penggunaan istilah PEM pada sarana KAI: K1 0 97 16 milik Semarang Poncol | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Contoh kedua adalah foto dari K1 0 97 16 yang diambil pada Oktober 2019 di atas. Sarana ini telah menjalani P48 di Surabaya Gubeng pada tahun 2018.

Kolom pertama yang terisi adalah kotak keempat dengan isi [P1/9], yaitu perawatan 1 bulanan pada tanggal 9 April. Kolom selanjutnya tertulis  [P1/2], menandakan sarana tersebut menempuh perawatan 1 bulanan pada tanggal 2 Mei.

Dari kolom di atas tampak juga sarana ini telah melewati perawatan 6 bulanan pada September 2018, dan perawatan 12 bulanan pada Maret 2019.

Dari kedua contoh, tampak tidak seperti pada materi presentasi di mana perawatan ditulis berurutan dari 1-12, dalam praktiknya perawatan ditulis sesuai jenisnya saja. Seperti misalnya P1 [(P)1/xx], P3 [(P)3/xx], P6 [(P)6/xx], dan P12 [(P)12/xx].

Pada umumnya tulisan di kolom PEM setelah sarana atau rangkaian tersebut menjalani P24/P48 akan dikosongkan, dan baru akan terisi kembali mulai P1 berikutnya.

Tulisan ini juga akan kosong bila sarana ini lama tidak beroperasi dan tidak mendapatkan jatah perawatan. Jika suatu sarana beroperasi kembali, maka kotak perawatan akan terisi kembali, melanjutkan siklus sebelumnya.

Contoh sarana yang lama tidak beroperasi: KRL rangkaian 05-108F, tampak kotak perawatan yang banyak kosong | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Seperti tampak di atas adalah kereta dari rangkaian KRL 05-108F. Tertidur dari Januari 2021 hingga Juli 2021, setelah beroperasi kembali sarana ini meneruskan siklus perawatan dari P3 pada Desember 2020.

Demikian tulisan mengenai kolom PEM pada sarana kereta dari Tim REDaksi. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan teman-teman pecinta kereta semua.(RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ă—