KCIC Perlihatkan Rangkaian Comprehensive Inspection Train “dr. Yellow” Miliknya

comprehensive inspection train
Rangkaian kereta ukur CIT “dr. Yellow” milik KCIC yang berada di pabrik CRRC | Foto: KCIC

REDigest.web.id, 15/12 – Setelah sebelumnya memperlihatkan sarana kereta cepat miliknya, KCIC kini memperlihatkan sarana kereta ukur Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi berteknologi canggih miliknya. Seperti dikutip dari rilis KCIC, kereta Comprehensive Inspection Train alias “dr. Yellow” ini menggunakan basis dari CR400AF.

CIT milik KCIC ini sekaligus merupakan CR400AF versi CIT pertama yang bahkan belum pernah ada di Tiongkok. Sama seperti rangkaian CR400AF biasa, rangkaian CR400AF versi CIT memiliki kecepatan maksimum 350 km/jam. Rangkaian CIT ini memiliki fungsi seperti rangkaian dr. Yellow di Jepang yakni untuk melakukan pengecekan pada jalur, listrik aliran atas (LAA), sistem komunikasi kereta, serta sejumlah infrastruktur pendukung lainnya.

Satu set rangkaian CIT terdiri atas 8 kereta dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Dari paling depan, kereta 1 berfungsi sebagai kereta pengujian lintasan. Selanjutnya kereta 2 berfungsi sebagai kereta pengujian sistem komunikasi dan persinyalan. Kereta 3 berfungsi sebagai kereta pengecekan jaringan listrik aliran atas (LAA). Kemudian kereta 4 dan 7 berfungsi sebagai kereta ruang kantor. Kereta 5 berfungsi sebagai kereta makan. Kereta 6 berfungsi sebagai kereta ruang pertemuan. Dan terakhir, kereta 8 berfungsi sebagai kereta pengujian sinyal dan rel.

Dengan teknologi yang canggih, kereta CIT dapat melakukan pengujian secara akurat meskipun kereta melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “KCIC Perlihatkan Rangkaian Comprehensive Inspection Train “dr. Yellow” Miliknya

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: