Operator Kopaja Purna Tugas, TransJakarta Lakukan Penyesuaian Unit dan Rute Tertentu

TransJakarta Kopaja
Ilustrasi: bus TransJakarta operator Kopaja (KAJ). | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 22/11 – Koperasi Angkutan Jakarta (KAJ) atau biasa dikenal dengan Kopaja, adalah salah satu operator TransJakarta yang telah berdinas pada layanan bus TransJakarta selama bertahun-tahun. Operator ini memiliki jumlah armada sebanyak ratusan unit yang seluruhnya menggunakan model medium bus dari berbagai merek sasis seperti Toyota, Isuzu, atau Hino.

Kilas Balik

Sebelum bergabung dengan TransJakarta, Kopaja merupakan bus kota konvensional seperti Metro Mini. Pada pertengahan 2011, Kopaja new image Executive AC diperkenalkan dan berdinas pada rute S13 Ragunan-Slipi yang kemudian di perpanjang hingga Grogol. Di tahun-tahun berikutnya Kopaja AC menambah rute kembali yaitu S602 Ragunan-Monas PP dan P20 Lebak Bulus-Senen PP.

TransJakarta Kopaja
Peluncuran Kopaja AC rute S602 yang diintegrasikan dengan jalur busway. | Foto: Merdeka.com

Pada awal 2013 TransJakarta integrasikan Kopaja AC memasuki jalur busway. Saat pertama kali berdinas pembayaran Kopaja AC dikenakan tarif promo sebesar Rp2.000, kemudian ditetapkan tarif regulernya menjadi Rp5.000 baik naik dari halte BRT maupun halte pinggir jalan.

Integrasi Kembali

Di penghujung 2015 armada Kopaja AC kembali diintegrasikan dengan TransJakarta secara resmi sehingga pengguna yang menaiki bus operator Kopaja hanya membayar sesuai ketentuan tarif bus TransJakarta dan tidak dikenakan biaya tambahan lagi. Selain itu warna bus juga di ubah dari semula hijau kombinasi perak menjadi putih kombinasi biru muda.

TransJakarta Kopaja
Peluncuran armada baru Kopaja yang resmi terintegrasi dengan TransJakarta serta menggunakan warna baru. | Foto: CNN Indonesia

Dalam alur pembagian dinasannya, TransJakarta operator Kopaja melayani pada rute feeder rusun, rute feeder stasiun, hingga rute nonBRT, bahkan dalam suatu waktu sempat berdinas pada rute BRT.

Selesai Masa Tugas

Sabtu (19/11) menjadi hari terakhir operator Kopaja beroperasi dari layanan bus TransJakarta, sehingga mulai Minggu dan Senin (20-21/11) beberapa rute yang usai dioperasikan oleh operator ini pun diisi dengan armada bus dari operator lain. Salah satunya adalah koridor 10K Senen-Tanjung Priok PP menggunakan armada medium bus operator Trans Swadaya (TSW), atau koridor 11Q Kampung Melayu-Pulogebang via BKT PP menggunakan armada big bus operator Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Bahkan di beberapa rute feeder rusun diisi oleh armada angkot MikroTrans.

TransJakarta TSW
Bus TransJakarta koridor 10K, semula menggunakan bus operator Kopaja (KAJ) kini menggunakan bus operator Trans Swadaya (TSW). | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Selain perubahan unit bus, terdapat juga penyesuaian rute pada beberapa koridor TransJakarta. Salah satunya koridor 5B Stasiun Tebet-Bidara Cina di perpanjang hingga BNN, atau koridor 9H Blok M-Cipedak di perpendek hanya sampai Universitas Pancasila, dan beberapa penyesuaian koridor lainnya.

Rute TransJakarta
Daftar koridor TransJakarta yang melakukan penyesuaian rute. | Sumber data: pengamatan penulis

Saat ini tidak diketahui unit bus operator Kopaja setelah pensiun dari TransJakarta akan dijual atau berakhir dengan dibesituakan. Selain itu, akankah TransJakarta operator Koantas Bima (KBM) yang juga menggunakan medium bus segera beroperasi dalam waktu dekat sekaligus mengisi lineup yang kosong dari purna tugasnya operator Kopaja? Kita lihat rencana pihak TransJakarta ke depannya. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: