KAI Commuter Uji Coba KRL SF12 di Lin Lingkar

krl sf12 lin lingkar
Ilustrasi: KRL seri 205 rangkaian BUD31, yang digunakan untuk uji coba pelayanan penumpang dengan KRL SF12 di Lin Lingkar, Kamis (10/2) lalu | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 12/2 – Tahun 2022 baru berlangsung dua bulan, namun KAI Commuter telah kembali membuat gebrakan. KAI Commuter mengujicobakan rangkaian KRL dengan susunan 12 kereta (SF12) untuk pelayanan penumpang di Lin Lingkar pada Kamis (10/2) lalu.

Uji coba sesungguhnya berlangsung pada siang hari dengan KRL seri 205 rangkaian BUD31 beroperasi sebagai KA 1817A-1818 Depok-Jatinegara dan kembali sebagai KA 1819-1820A Jatinegara-Bogor. Namun saat menjadi KA 1820, rangkaian BUD31 mengakhiri perjalanan di Stasiun Depok untuk bertukar dengan KRL susunan 8 kereta (SF8).

Namun, KRL seri 8500 rangkaian 8604F juga beroperasi di Lin Lingkar di pagi harinya. Rangkaian ini beroperasi sebagai KA 1653A Bogor-Kampung Bandan, KA 1654A Kampung Bandan-Bogor, KA 1669A Bogor-Kampung Bandan, dan KA 1670A Kampung Bandan-Depok. Pelayanan penumpang untuk keempat KA tersebut berakhir di Stasiun Angke. Selanjutnya rangkaian stabling di jalur simpan Kampung Bandan yang tak memiliki peron.

Uji coba ini berlangsung sebagai kelanjutan dari penutupan perlintasan di utara Stasiun Kemayoran awal Februari lalu. Penutupan perlintasan ini diperlukan untuk membangun perpanjangan peron untuk KRL SF12 di Stasiun Kemayoran. Saat ini, peron Stasiun Kemayoran hanya dapat menampung sebanyak delapan kereta dan tiga pintu pada kereta kesembilan.

Pengoperasian KRL SF12 ke arah Lin Lingkar bukanlah hal baru. Sebelumnya, KRL SF12 beberapa kali pernah beroperasi sebagai KRL Lin Lingkar tujuan Angke maupun tujuan jalur simpan Kampung Bandan antara 2017 hingga 2021. Bahkan pernah terdapat jadwal KRL pengumpan Manggarai-Angke (PP) yang menggunakan KRL SF12.

KRL SF12 pun sudah pernah beroperasi sebagai KRL Lin Cikarang tujuan Jakarta Kota lewat Pasar Senen. Kala itu, KRL seri 205 rangkaian BUD51 yang mengisi pemerjalanan dengan dukungan sarana KRL susunan 10 kereta (SF10). Namun, hal ini hanya berlangsung dalam satu hari.

KRL SF12 juga akan beroperasi di lin selain Lin Lingkar

Progres perpanjangan peron di jalur 1 Stasiun Serpong, pertengahan Januari lalu. Per 4 Februari 2022 lalu rel dan wesel untuk perpanjangan jalur 1 telah dikirim dari Karawang ke Serpong. | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Selain di Lin Lingkar, KAI Commuter bersama KAI Properti juga tengah melakukan perpanjangan peron di Stasiun Serpong di Lin Rangkasbitung. Saat ini tiang listrik aliran atas baru telah berdiri, dan rel serta wesel untuk perpanjangan jalur 1 Stasiun Serpong telah tiba dari Karawang.

Sebelumnya, grup KAI juga telah memulai perpanjangan jalur dan peron di Stasiun Rangkasbitung. Namun menurut beberapa informasi yang Tim REDaksi terima, grup KAI menghentikan kegiatan tersebut. Penataan dan perpanjangan jalur serta peron di Stasiun Rangkasbitung akan dilanjutkan oleh Kementerian Perhubungan, yang kini masih melakukan upgrade jalur antara Rangkasbitung dan Serang. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KAI Commuter Uji Coba KRL SF12 di Lin Lingkar

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: