KAI Commuter Operasikan KRL SF12 di Lin Lingkar

sf12 lin lingkar
Ilustrasi: KRL seri 205 rangkaian BUD13+16 dengan susunan 12 kereta melintasi Stasiun Sudirman | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 2/3 – Setelah mengujicobakan pelayanan penumpang dengan KRL rangkaian 12 kereta (SF12) di Lin Lingkar pada 12 Februari 2022 lalu, KAI Commuter akhirnya mengoperasikan secara reguler KRL SF12 di Lin Lingkar. KAI Commuter memulai pengoperasian reguler KRL SF12 di Lin Lingkar pada 26 Februari 2022 lalu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KAI Commuter (@commuterline)

KRL dengan susunan terpanjang ini beroperasi sebanyak dua perjalanan di pagi hari dan lima perjalanan di sore hari di Lin Lingkar. Sebanyak empat perjalanan merupakan relasi Bogor-Depok-Jatinegara PP. Sedangkan dua perjalanan lainnya merupakan relasi Bogor-Depok-Angke PP.

Menurut KAI Commuter lewat akun Instagram resminya, tujuan dari pengoperasian ini merupakan untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna KRL Lin Lingkar. Saat ini, pengguna KRL Lin Lingkar telah mencapai rata-rata 78.616 pengguna per hari. Lin Lingkar melayani banyak stasiun transit seperti Manggarai, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, dan Jatinegara.

Jadwal perjalanan KRL Lin Lingkar dengan rangkaian SF12 | Litbang RED, mengolah dari KAI Commuter

Dengan mulai beroperasinya KRL terpanjang ini melingkar secara penuh ke Jatinegara, praktis menyisakan Lin Rangkasbitung sebagai satu-satunya lintas utama KRL Commuter Line dengan jarak jauh yang belum mengoperasikan KRL tersebut. KRL SF12 telah beroperasi sejak 2015 dengan berawal dari Lin Sentral yang kemudian berlanjut ke Lin Cikarang. Lin Tangerang menyusul pengoperasian KRL SF12 sejak akhir 2017.

Namun, progres demi progres untuk mendukung pengoperasian KRL SF12 di Lin Rangkasbitung juga terus berlangsung. Terbaru, pekerjaan switch over perpanjangan jalur 1 Stasiun Serpong telah berlangsung pada dini hari 18 Februari 2022. Pekerjaan switch over ini sempat menginterupsi perjalanan KRL Lin Rangkasbitung pada hari itu. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: