Ingin Naik KA ke Garut? Berikut Informasi Layanan Kereta Apinya

KA inspeksi di Stasiun Garut
Rangkaian KRD KA Istimewa di Stasiun Garut bersama dengan rangkaian uji coba | Foto: Instagram m.akhmal_s

REDigest.web.id, 25/3 – Akhirnya, jalur KA Cibatu-Garut telah resmi beroperasi kembali setelah mati suri hampir 40 tahun, dan mulai Jumat (25/3) ini sudah akan ada kereta api ke Garut. Hadir kembalinya kereta api ke kota ini tentu merupakan momen yang pecinta kereta dan masyarakat Garut nantikan.

Untuk tahap awal, tersedia dua layanan kereta api dari dan ke Garut. KA Cikuray yakni KA ekonomi PSO (subsidi) akan melayani relasi Garut-Pasar Senen pp. Sedangkan KA lokal Garut Cibatuan akan melayani relasi Garut-Purwakarta pp, ataupun Garut-Padalarang.

Ingin naik KA ke atau dari Garut untuk nostalgia, atau memang penasaran? Berikut informasi layanan KA dari atau menuju Garut oleh Tim REDaksi.

KA Cikuray

KLB Garut
KLB uji coba Garut-Pasar Senen saat melintasi Stasiun Gang Sentiong | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

KA Cikuray merupakan KA ekonomi bersubsidi yang melayani rute Stasiun Garut hingga Stasiun Pasar Senen. Menariknya, KA Cikuray menggunakan rangkaian berupa kereta ekonomi 80 tempat duduk dengan konfigurasi 2-2 berhadapan. Hal ini berbeda dengan umumnya KA ekonomi bersubsidi yang menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk 2-3 berhadapan.

KA Cikuray berangkat dari Stasiun Garut pukul 07.05 dan akan tiba di Pasar Senen pukul 13.32 siang. Selanjutnya, KA Cikuray akan berangkat kembali dari Stasiun Pasar Senen pukul 17.55 dan akan tiba di Stasiun Garut pukul 00.53 dini hari esoknya.

KA Cikuray akan berhenti di Stasiun Cibatu, Leles, Nagreg, Cicalengka, Kiaracondong, Bandung, Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara (dari Garut saja), dan Pasar Senen. Untuk tarif KA Cikuray sendiri hanyalah Rp45.000 untuk semua relasi.

KA Lokal Garut Cibatuan

KA Lokal Cibatuan semasa masih melayani rute Cibatu-Purwakarta, 2019 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain KA jarak jauh, juga ada KA lokal Garut Cibatuan yang merupakan perpanjangan dari KA Cibatuan yang sebelumnya melayani rute Cibatu-Purwakarta pp. Seperti umumnya KA lokal, KA Garut-Cibatuan menggunakan kereta ekonomi 106 tempat duduk 2-3 berhadapan.

Tersedia empat jadwal pemberangkatan dengan masing-masing dua jadwal dari Garut dan dua jadwal dari Purwakarta. Tersedia KA Lokal dari Garut dengan jadwal pukul 06.05 dan 10.55. Perlu diingat, KA lokal dengan jadwal 06.05 hanya sampai Padalarang yang tiba pukul 10.23. Sedangkan KA lokal dengan jadwal 10.55-lah yang sampai Purwakarta dengan jadwal tiba pukul 17.15.

Sedangkan dari Purwakarta, tersedia jadwal pemberangkatan pukul 04.10 dan 16.15. Untuk jadwal tiba di Stasiun Garut adalah pukul 10.29 dan 22.23. Untuk tarif KA ini adalah Rp6.000 antara Garut-Cibatu, Rp13.000 untuk Garut-Padalarang (khusus jadwal pukul 06.05), dan Rp14.000 untuk Garut-Purwakarta.

Estafet dari/Menuju Cikarang dan Jabodetabek

Lokomotif CC2017723 saat selesai menghela KA Lokal Cibatu dari Stasiun Bandung ke Stasiun Purwakarta, menggantikan lokomotif CC2017721, 26 Januari 2022. KA dengan nomor 441 pemberangkatan Stasiun Cibatu ini setibanya di Purwakarta berganti nomor menjadi 391 dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Cikarang. | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Pembaca yang ingin menggunakan KA lokal dari/menuju Jakarta, jangan khawatir! Pembaca dapat bepergian menggunakan KA lokal untuk mencapai Jakarta dengan ongkos hanya sekitar 20.000an Rupiah saja.

Untuk tujuan Garut dari Jabodetabek, pembaca dapat menuju Stasiun Cikarang menggunakan KRL Commuter Line Lin Cikarang. Selanjutnya, pembaca dapat menaiki KA Walahar dari Stasiun Cikarang menuju Stasiun Purwakarta dengan jadwal pukul 13.05. KA ini akan tiba di Purwakarta pada pukul 15.08 dan nantinya akan berangkat lagi menuju Garut dengan jadwal 16.15.

Sedangkan tujuan Jabodetabek dari Garut, pembaca dapat menju Stasiun Purwakarta menggunakan KA Lokal Garut Cibatuan pukul 10.55, dengan ketibaan di Stasiun Purwakarta pukul 17.15. Nantinya KA ini akan berangkat lagi menuju Cikarang dengan jadwal pukul 17.45, dan akan tiba pada pukul 19.10. Untuk lanjut ke tujuan lainnya di Jabodetabek, pembaca dapat menggunakan KRL Commuter Line Lin Cikarang.

Perlu diingat, Stasiun Cikarang sekarang hanya menerima Kartu Multi Trip, kartu bank, dan LinkAja! untuk menaiki KRL Commuter Line. Tiket Harian Berjaminan sudah tidak tersedia di Stasiun Cikarang sejak tahun 2020.

Persyaratan naik KA

Bagi pembaca yang mungkin pertama kali menggunakan kereta api, saat ini kereta api sudah tidak lagi mensyaratkan wajib antigen bagi yang sudah vaksin dosis kedua ataupun booster. Syarat antigen hanya berlaku bagi yang baru vaksin dosis pertama ataupun yang tidak dapat vaksin dan menunjukkan surat keterangan dari dokter. Sedangkan untuk KA Lokal, tidak memerlukan syarat antigen.

Untuk pembaca yang ingin memesan tiket kereta api jarak jauh, tersedia sejumlah cara untuk memesan. Pembaca dapat menggunakan situs web KAI, aplikasi KAI Access, aplikasi lain seperti Traveloka, ataupun memesan dari minimarket terdekat. Sedangkan untuk pemesanan tiket kereta api lokal, pemesanan hanya bisa melalui aplikasi KAI Access dengan pembayaran QRIS atau LinkAja. Sedang untuk pemesanan langsung tersedia mulai 3 jam sebelum keberangkatan.

Jadwal pada informasi layanan KA dari/tujuan Garut pada artikel ini akurat saat penerbitan. Untuk informasi terbaru pembaca dapat membuka media sosial KAI ataupun menghubungi call center 021-121. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: