Selamat Beroperasi Kembali Jalur KA Cibatu-Garut!

Peresmian jalur KA Cibatu-Garut
Proses pemotongan pita untuk peresmian beroperasi kembalinya jalur KA Cibatu-Garut di Stasiun Garut. Penantian panjang untuk reaktivasi lintas ini berakhir sudah. | Foto: Dokumen KAI

REDigest.web.id, 24/3 – Setelah hampir 40 tahun dan berkali-kali terkena harapan palsu, akhirnya penantian panjang segenap penggemar kereta dan warga Garut akan reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut berakhir sudah. Mulai Kamis (24/3) ini, jalur KA ini resmi beroperasi kembali untuk melayani penggunanya.

Melansir dari rilis pers KAI, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan kembali jalur ini di Stasiun Garut. Didiek mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak atas reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut.

Erick Tohir Garut
Erick Tohir memberangkatkan rangkaian KA Cikuray dari Stasiun Garut | Foto: Dokumen KAI

KAI menyebutkan stasiun Garut kini memiliki sejumlah fasilitas. Di antaranya adalah ruang laktasi, ruang layanan pelanggan, ruang VIP, toilet difabel, area UMKM, area komersial, dan area bermain. Meskipun telah ada bangunan baru, KAI tetap melestarikan bangunan lama dari Stasiun Garut.

Sebanyak 1.077 bangunan permanen dan semipermanen serta 911 kepala keluarga terdampak atas pembebasan lahan untuk reaktivasi lintas ini. Oleh sebabnya, KAI mengabadikan nama-nama mereka dalam prasasti pada setiap stasiun KA yang beroperasi.

Tidak hanya itu, sebagai wujud tanggung jawab sosial, KAI juga melakukan beberapa kegiatan untuk warga Garut. Di antaranya adalah vaksinasi COVID-19 dan pembagian 500 paket sembako. Setiap pekt berisi susu kental manis, mie instan, teh, kecap, dan sarden dengan total bantuan senilai Rp30 juta.

Meskipun Stasiun Garut telah beroperasi kembali, para pengguna KA baru akan dapat menikmati layanan mulai Jumat (25/3) besok. Nantinya akan ada KA Cikuray yang melayani Garut-Pasar Senen dan KA lokal yang melayani Garut-Purwakarta/Padalarang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Selamat Beroperasi Kembali Jalur KA Cibatu-Garut!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: