Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Kereta Api Kembali Lewati Jalur Bogor-Sukabumi dalam Uji Coba

Uji coba jalur Bogor-Sukabumi
Rangkaian uji coba jalur ganda Bogor-Sukabumi melintas Stasiun Depok Baru | Foto: Deni Andriansyah

REDigest.web.id, 22/3 – Kereta api akhirnya kembali melewati jalur Bogor-Sukabumi. Jalur yang sempat tutup karena proyek jalur ganda tersebut akhirnya diujicoba siang ini (22/3). Uji coba jalur ganda Bogor-Sukabumi ini berlangsung dengan menggunakan satu lokomotif yang membawa satu kereta eksekutif.

Bertindak sebagai rangkaian uji coba adalah lokomotif CC2061358 milik Depo Yogyakarta dan K1 0 01 04 milik Depo Jakarta Kota. Lokomotif CC2061358 berangkat dari Depo Cipinang ke Stasiun Pasar Senen untuk menjemput K1 0 01 04, kemudian bertolak menuju Bogor memutar lewat Kampung Bandan-Tanah Abang.

Sedianya, uji coba ini akan berlangsung dari Stasiun Bogor ke Stasiun Cicurug. Pembangunan tahap pertama jalur ganda Bogor-Sukabumi memang hanya sampai Stasiun Cicurug. Sementara itu, ruas Stasiun Cicurug-Stasiun Sukabumi masih jalur tunggal.

Sayangnya, uji coba hanya berakhir di Stasiun Batutulis dan rangkaian uji coba tak dapat melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Cicurug. Menurut informasi dan video yang beredar, rangkaian uji coba pada awalnya terlanggar oleh peron sementara (bancik) di Stasiun Bogor Paledang. Kemudian, rangkaian uji coba kembali terlanggar peron permanen di Stasiun Batutulis. Hal ini menyebabkan rangkaian uji coba kemudian mundur kembali ke Stasiun Bogor Paledang.

Setelah mundur ke Stasiun Bogor Paledang, rangkaian uji coba pun kembali lagi ke Jakarta. Belum ada informasi mengenai uji coba lanjutan dari uji coba hari ini. Namun dengan kejadian peron melanggar kereta, perbaikan peron harus terlebih dahulu dilakukan sebelum uji coba lanjutan dapat dilaksanakan. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Kereta Api Kembali Lewati Jalur Bogor-Sukabumi dalam Uji Coba

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×