Jalur Bogor-Sukabumi Uji Coba Kedua Kali dengan Rangkaian Panjang

uji coba kedua bogor-sukabumi
Rangkaian uji coba jalur Bogor-Sukabumi berangkat dari Stasiun Bogor Paledang | Foto: Deni Andriansyah

REDigest.web.id, 30/3 – Kereta api kembali melewati jalur Bogor-Sukabumi dalam uji coba kedua. Selasa (29/3), kereta api uji coba melewati ruas tersebut secara penuh dengan rangkaian yang lebih panjang. Uji coba kedua ini berlangsung menggunakan satu lokomotif dan tujuh kereta penumpang serta masing-masing satu kereta makan dan kereta pembangkit.

Kali ini, bertindak sebagai penghela rangkaian uji coba adalah lokomotif CC2061360 milik Depo Cipinang. Sedangkan ketujuh kereta penumpang rangkaian uji coba terdiri dari tiga kereta kelas eksekutif dan empat kereta ekonomi premium stainless steel. Kereta makan dan kereta pembangkit juga merupakan kereta stainless steel.

Masih terdapat stasiun yang peronnya melanggar ruang bebas dalam uji coba kedua

uji coba kedua bogor-sukabumi
Rangkaian uji coba terdiri dari satu lokomotif dan sembilan kereta | Foto: Khesya Radya Irwanto

Uji coba ini merupakan kelanjutan dari uji coba pertama yang berlangsung Selasa (22/3) lalu. Pada uji coba pertama, rangkaian uji coba gagal tiba di Stasiun Cicurug dan hanya bisa sampai Stasiun Batutulis akibat peron pada Stasiun Bogor Paledang dan Batutulis melanggar rangkaian uji coba.

Pada uji coba kali ini, peron kedua stasiun tersebut sudah tidak melanggar ruang bebas sarana kereta api setelah perbaikan pada tepi peron. Namun, bukan berarti uji coba ini telah berjalan dengan lancar. Ternyata, masih ada stasiun yang peronnya melanggar ruang bebas sarana kereta api.

Peron yang melanggar ruang bebas tersebut adalah peron di Stasiun Cigombong. Ukuran peron pada Stasiun Cigombong ini menyebabkan rangkaian uji coba berhenti lama sebelum memasuki peron. Setelah berhasil memasuki peron, rangkaian uji coba kembali berhenti lama. Menurut video yang Tim REDaksi terima, di saat yang sama perbaikan pada tepi peron langsung dilakukan pada saat rangkaian uji coba berhenti.

uji coba kedua bogor-sukabumi
Rangkaian uji coba melintasi wilayah Citayam | Foto: Tri Bintang Setiawan

Lamanya rangkaian uji coba berhenti di Cigombong menyebabkan mundurnya uji coba dari waktu yang telah terjadwal. Sehingga rangkaian uji coba yang harusnya sudah tiba kembali di Bogor pada sore hari, baru tiba di Bogor pada malam hari.

KA Pangrango sendiri targetnya akan kembali melayani penumpang sebelum lebaran mendatang. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Jalur Bogor-Sukabumi Uji Coba Kedua Kali dengan Rangkaian Panjang

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: