Kementerian Perhubungan Adakan Uji Coba KA Bogor-Sukabumi Bersama Masyarakat

KLB Uji Coba Bogor-Sukabumi
KLB uji coba Bogor-Sukabumi berangkat Stasiun Bogor Paledang | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 4/4 – Menyambut bulan suci Ramadan, ada kabar gembira dari lintas Bogor-Sukabumi. Pasalnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) mengadakan uji coba terbatas KA Pangrango bersama komunitas dan masyarakat di lintas Bogor-Sukabumi.

Hal ini berlangsung setelah sebelumnya berjalan tiga kali KLB uji coba dengan dua di antaranya penuh drama. KLB pertama gagal mencapai Cicurug karena gasruk di Bogor Paledang dan Batutulis. Sedang KLB kedua menemui masalah di Cigombong. KLB ini baru berhasil setelah pengerjaan darurat agar KLB tidak tersangkut. Baru pada Sabtu (2/4) kemarin berjalan KLB uji coba tanpa menemui kendala berarti.

Menuju Cicurug dan Sukabumi

Pemeriksaan terhadap masyarakat yang akan naik di Stasiun Bogor Paledang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sebelum menuju Sukabumi, berjalan terlebih dahulu kereta inspeksi (KAIS) Kemenhub yakni Kelud. KAIS Kelud ini berjalan dari Depo Cipinang hingga Stasiun Cicurug.

KAIS Kelud
KAIS Kelud di Stasiun Bogor | Foto: Tri Bintang Setiawan

Beberapa lama setelahnya, berjalan KLB kirim rangkaian uji coba dari Depo Cipinang menuju Stasiun Bogor. Tiba di Stasiun Bogor, KLB uji coba ini kemudian berangkat lagi menuju Bogor Paledang. Terpantau stamformasi KLB ini terdiri dari 8 kereta, dengan 4 kereta ekonomi buatan 2016, 2 kereta eksekutif, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit. Sedangkan lokomotif penariknya adalah CC2061360.

Bima Arya Zulfikri Budi Karya
Kiri ke kanan: Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri di Stasiun Bogor Paledang | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

KLB uji coba ini berangkat dari Stasiun Bogor Paledang sekitar pukul 14.00. Hadir dalam acara pemberangkatan KLB uji coba ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dan beberapa pejabat lainnya, termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya.

Budi Karya, Zulfikri, dan Bima Arya berjalan menuju peron | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Suasana hujan mewarnai pemberangkatan KLB ini dari Stasiun Bogor Paledang. Hujan deras ini tidak menyurutkan semangat para pecinta kereta api dan masyarakat yang mengikuti uji coba. Dalam uji coba bersama Kemenhub ini, memang hadir sejumlah komunitas pecinta kereta api, pembuat konten, dan masyarakat umum. Tidak ketinggalan para pecinta kereta yang memotret ataupun merekam KLB ini di lintas.

Selama perjalanan, dari Stasiun Bogor hingga Maseng KLB berjalan menggunakan sepur kanan. Namun dari Maseng hingga Bogor Paledang, KLB berjalan menggunakan sepur kiri. Tampak di beberapa segmen antara Bogor-Cicurug jalur yang sedang tidak dilintasi KLB tampak tumbuh rumput. Tampak juga beberapa sinyal mekanik seperti sinyal keluar Stasiun Maseng dan sinyal muka Batutulis masih berdiri tegak.

Sinyal Mekanik Maseng
Sinyal mekanik Maseng yang masih berdiri tegak | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selama perjalanan menuju Stasiun Cicurug, KLB uji coba ini tidak berhenti di stasiun antara. KLB ini tiba di Cicurug sekitar pukul 14.50, dengan KAIS Kelud sudah siap menyambut. Di sana pihak DJKA Kemenhub melakukan inspeksi proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi yang saat ini sampai Stasiun Cicurug. Tidak hanya itu, Kemenhub juga membagikan sembako kepada masyarakat sekitar Stasiun Cicurug.

KAIS Kelud yang sudah menunggu di Stasiun Cicurug | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Usai inspeksi, KLB uji coba ini berangkat dari Stasiun Cicurug menuju Sukabumi, hanya dengan rombongan masyarakat. Rombongan pejabat dari DJKA Kemenhub bertolak kembali ke Jakarta dengan menggunakan KAIS Kelud. Dari Parungkuda menuju Sukabumi, KLB ini hanya berhenti sejenak di Stasiun Parungkuda.

KLB ini tiba di Stasiun Sukabumi pada pukul 16.00. Di sini tampak banyak masyarakat dan komunitas, termasuk Tim REDaksi dan rekan-rekan memanfaatkan kesempatan untuk berfoto ria. Tak terkecuali memotret atau merekam proses langsiran lokomotif untuk kembali ke Bogor.

Tim REDaksi dan rekan-rekan dari GM-MarKA berfoto bersama di papan nama KLB uji coba | Foto: Istimewa

Kembali ke Bogor

Langsiran KLB uji coba di Stasiun Sukabumi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

KLB ini kembali berangkat dari Stasiun Sukabumi pukul 16.25. Sepanjang perjalanan, tampak sangat banyak masyarakat yang melambaikan tangan menyambut jalannya KLB ini. Begitu pula di Parungkuda, di mana banyak masyarakat yang melihat dan merekam KLB ini.

Dalam perjalanan kembali ke Bogor, KLB ini berhenti di Stasiun Cicurug dari pukul 17.20 hingga 17.40. Tak lama setelah kembali berangkat dari Stasiun Cicurug, mulai pembagian makanan untuk berbuka puasa. Berkebalikan dari perjalanan menuju Sukabumi, pada perjalanan menuju Bogor, KLB berjalan pada sepur kanan dari Cicurug hingga Maseng. Dari Maseng menuju Bogor Paledang, KLB berjalan dengan sepur kiri.

KLB ini pun tiba di Stasiun Bogor Paledang pada pukul 18.20, dengan rangkaian selanjutnya berangkat menuju Bogor dan Cipinang.

Kapan KA Pangrango Beroperasi?

Meskipun uji coba kemarin berlangsung baik, saat Tim REDaksi menanyakan pada pihak KAI, masih belum ada pemberitahuan kapan KA Pangrango akan kembali beroperasi. KAI menyampaikan pihaknya hanya sebagai operator untuk melaksanakan uji coba, sedang penentuan siap operasi berada di tangan Kemenhub.

Bertolak belakang dengan pernyataan KAI terhadap Tim REDaksi, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan pernyataan bahwa KA Pangrango akan beroperasi Senin (10/4) depan. Dalam keterangannya pada Kompas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan masyarakat Bogor dan Sukabumi akan menikmati perjalanan mulai akhir pekan ini. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: