Berita KABeroperasi KembaliIndonesiaKereta Api

Akhirnya, Jalur KA Cibatu-Garut akan Resmi Beroperasi Kembali!

KA inspeksi di Stasiun Garut
Rangkaian KRD KA Istimewa di Stasiun Garut bersama dengan rangkaian uji coba | Foto: Instagram m.akhmal_s

REDigest.web.id, 23/3 – Setelah menempuh penantian dan ketidakpastian akibat penundaan terus-menerus, akhirnya jalur KA Cibatu-Garut akan resmi beroperasi.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Perkeretaapian, rencana peresmian akan berlangsung pada Kamis (24/3) besok. Selama proses reaktivasi, Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah melakukan sejumlah uji coba yang meliputi uji statis, uji dinamis, prasarana sipil, persinyalan, dan sistem lainnya.

Selain itu, juga berlangsung uji coba rangkaian KA penumpang dengan relasi Garut-Pasar Senen PP dan Garut-Cibatu PP. Dalam kedua uji coba tersebut, warga Garut tampak antusias untuk menikmati kembali layanan KA yang telah mati suri nyaris 40 tahun. Pada awal Januari, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun juga sudah melakukan inspeksi ke Stasiun Garut.

Reaktivasi lintas sepanjang 19,7 km ini merupakan bagian dari reaktivasi lintas Cibatu-Garut-Cikajang sepanjang 47,5 km. Proyek ini sendiri sudah berjalan sejak 2019, dan pada Januari 2020, jalur ini akhirnya dapat dijangkau oleh lokomotif. Tak lama berselang, rangkaian KA penumpang dan bahkan kereta inspeksi pun menjamah Stasiun Garut.

Sayang, resmi beroperasinya lintas ini pun terus tertunda akibat banyak hal, salah satu di antaranya adalah pandemi COVID-19. Bahkan lintas ini sempat terbengkalai tak ubahnya jalur mati “sungguhan”. Dengan resmi beroperasi kembalinya lintas Cibatu-Garut, siap (kembali) naik KA ke Garut? (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×