Kini Gojek Kerja Sama dengan KAI Commuter Integrasi Pembayaran KRL
REDigest.web.id, 22/5 – Integrasi pada setiap moda transportasi merupakan hubungan simbiosis mutualisme terkhususnya para pengguna yang sering berpindah moda, dan itulah yang KAI Commuter dan Gojek sedang lakukan.
KAI Commuter bersama Gojek melakukan kolaborasi pembelian tiket KRL Commuter Line melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek. Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan pembayaran perjalanan KRL khususnya di wilayah Jabodetabek.
Bertempat di meeting room Hotel All Season Thamrin pada Jumat (20/5), KAI Commuter mengundang Tim REDaksi beserta teman-teman komunitas pengguna KRL lainnya untuk menghadiri acara sosialisasi layanan KAI Commuter bersama Gojek.
Dalam acara sosialisasi ini, Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan bahwa GoTransit pada aplikasi Gojek hadir sebagai solusi pembelian tiket cashless khususnya bagi pengguna yang sesekali naik KRL.
Anne menambahkan kolaborasi dan integrasi Gojek dengan KAI Commuter mendukung upaya orang-orang berminat menaiki transportasi publik, dan kerja sama antara kedua perusahaan ini merupakan yang pertama di dunia ojek online.
Selain Anne, hadir pula Vice President (VP) Corporate Affairs Gojek Teuku Parvinanda Handriawan. Ia mengatakan Gojek hadir di tengah-tengah masyarakat bukan untuk menyingkirkan transportasi lain, melainkan saling melengkapi dan mendukung integrasi transportasi, salah satunya melalui fitur GoTransit. Meskipun sudah hadir sejak 2 tahun lalu, menu pembelian tiket KRL merupakan tambahan terbaru pada GoTransit.
Selain Andri, turut hadir Product Manager Muhammad Gembong Aribowo yang memaparkan cara menggunakan menu pembelian tiket KRL pada fitur GoTransit. Saat membuka aplikasi Gojek di halaman utama, pengguna membuka opsi “lainnya”, kemudian memilih fitur “GoTransit”.
Pada “GoTransit”, pengguna memilih banner “beli tiket” dan mengisi “stasiun keberangkatan” dan “stasiun tujuan”. Sebelum membayar tiket, pengguna dapat memilih metode pembayaran, bisa menggunakan GoPay ataupun LinkAja. Setelah pembayaran terkonfirmasi, pengguna akan mendapatkan kode QR yang digunakan saat akan masuk melalui gate tap in dan tap out di stasiun.
Bila ingin mengubah perjalanan, pengguna yang sudah tap in hanya bisa mengubah “stasiun tujuan”. Apabila pengguna belum melakukan tap in, pengguna dapat mengubah “stasiun keberangkatan” dan “stasiun tujuan” sesuai kebutuhan.
Berikut dokumentasi Tim REDaksi saat mencoba langsung fitur GoTransit yang sudah dilengkapi dengan menu pembelian tiket KRL.
[videopress IyBOuvtN]
Menu pembelian tiket KRL pada fitur GoTransit akan launching pada tanggal 30 Mei mendatang. Namun sebanyak 20% pengguna aplikasi Gojek sudah bisa menggunakan menu ini. Selamat mencoba! (RED/EPP)
Pingback: KAI Commuter Lakukan Soft Launching Aplikasi C-Access - Railway Enthusiast Digest