Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Kini Gojek Kerja Sama dengan KAI Commuter Integrasi Pembayaran KRL

Gojek dan KRL
KAI Commuter dan Gojek, dua moda transportasi yang berkolaborasi menghasilkan integrasi pembayaran dalam 1 aplikasi | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 22/5 – Integrasi pada setiap moda transportasi merupakan hubungan simbiosis mutualisme terkhususnya para pengguna yang sering berpindah moda, dan itulah yang KAI Commuter dan Gojek sedang lakukan.

KAI Commuter bersama Gojek melakukan kolaborasi pembelian tiket KRL Commuter Line melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek. Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan pembayaran perjalanan KRL khususnya di wilayah Jabodetabek.

Bertempat di meeting room Hotel All Season Thamrin pada Jumat (20/5),  KAI Commuter mengundang Tim REDaksi beserta teman-teman komunitas pengguna KRL lainnya untuk menghadiri acara sosialisasi layanan KAI Commuter bersama Gojek.

Anne Purba
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam acara sosialisasi antara KAI Commuter dan Gojek | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Dalam acara sosialisasi ini, Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan bahwa GoTransit pada aplikasi Gojek hadir sebagai solusi pembelian tiket cashless khususnya bagi pengguna yang sesekali naik KRL.

Anne menambahkan kolaborasi dan integrasi Gojek dengan KAI Commuter mendukung upaya orang-orang berminat menaiki transportasi publik, dan kerja sama antara kedua perusahaan ini merupakan yang pertama di dunia ojek online.

Selain Anne, hadir pula Vice President (VP) Corporate Affairs Gojek Teuku Parvinanda Handriawan. Ia mengatakan Gojek hadir di tengah-tengah masyarakat bukan untuk menyingkirkan transportasi lain, melainkan saling melengkapi dan mendukung integrasi transportasi, salah satunya melalui fitur GoTransit. Meskipun sudah hadir sejak 2 tahun lalu, menu pembelian tiket KRL merupakan tambahan terbaru pada GoTransit.

Gojek
VP Corporate Affairs Teuku Parvinanda Handriawan dan Product Manager Muhammad Gembong Aribowo dari Gojek yang mempresentasikan GoTransit dan perkembangan Gojek | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Selain Andri, turut hadir Product Manager Muhammad Gembong Aribowo yang memaparkan cara menggunakan menu pembelian tiket KRL pada fitur GoTransit. Saat membuka aplikasi Gojek di halaman utama, pengguna membuka opsi “lainnya”, kemudian memilih fitur “GoTransit”.

Gojek GoTransit
Homepage pada fitur “GoTransit” yang menyediakan menu pembelian tiket KRL | Foto: tangkapan layar dari dokumentasi Gojek
GoJek GoTransit
Input pilihan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan | Foto: tangkapan layar dari dokumentasi Gojek

Pada “GoTransit”, pengguna memilih banner “beli tiket” dan mengisi “stasiun keberangkatan” dan “stasiun tujuan”. Sebelum membayar tiket, pengguna dapat memilih metode pembayaran, bisa menggunakan GoPay ataupun LinkAja. Setelah pembayaran terkonfirmasi, pengguna akan mendapatkan kode QR yang digunakan saat akan masuk melalui gate tap in dan tap out di stasiun.

Bila ingin mengubah perjalanan, pengguna yang sudah tap in hanya bisa mengubah “stasiun tujuan”. Apabila pengguna belum melakukan tap in, pengguna dapat mengubah “stasiun keberangkatan” dan “stasiun tujuan” sesuai kebutuhan.

Berikut dokumentasi Tim REDaksi saat mencoba langsung fitur GoTransit yang sudah dilengkapi dengan menu pembelian tiket KRL.

[videopress IyBOuvtN]

Menu pembelian tiket KRL pada fitur GoTransit akan launching pada tanggal 30 Mei mendatang. Namun sebanyak 20% pengguna aplikasi Gojek sudah bisa menggunakan menu ini. Selamat mencoba! (RED/EPP)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Kini Gojek Kerja Sama dengan KAI Commuter Integrasi Pembayaran KRL

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×