Inilah Pola Perjalanan KRL Commuter Line Setelah Switch Over ke-5 Manggarai

KRL Commuter Line
KRL Commuter Line Lin Lingkar tujuan Nambo di Stasiun Tanah Abang. Mulai tanggal 28 Mei nanti, layanan KRL ini akan berpindah relasi dari tujuan Bogor/Nambo menjadi tujuan Bekasi/Cikarang. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 23/5 – Pada Jumat (20/5) kemarin, Kementerian Perhubungan via Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku regulator telah mengumumkan rencana perubahan pola operasi di Stasiun Manggarai. Mulai Sabtu (28/5) mendatang, perjalanan KRL di Stasiun Manggarai akan berubah setelah switch over.

KAI Commuter selaku operator juga mengumumkan pada Sabtu (21/5) kemarin tentang detail rencana perubahan operasional. Akan ada terdapat lima layanan utama KRL Commuter Line setelah switch over dengan rincian sebagai berikut:

  • KA 4000: Lin Sentral melayani relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota pp
  • KA 4500: Lin Sentral melayani relasi Nambo-Jakarta Kota pp
  • KA 5000: Lin Cikarang melayani relasi Cikarang/Bekasi-Angke via Manggarai pp (half racket)
  • KA 5500: Lin Cikarang melayani relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Cikarang/Bekasi via Manggarai (full racket, searah jarum jam)
  • KA 6000: Lin Cikarang melayani relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Cikarang/Bekasi via Pasar Senen (full racket, berlawanan arah jarum jam)

Dengan ini, seluruh layanan KRL dari Bogor hanya melayani sampai Jakarta Kota. Sedangkan pengguna KRL dari Cikarang/Bekasi dari/ke Sudirman ataupun Angke tidak perlu transit lagi. Tidak hanya itu, relasi ini juga memungkinkan pengguna memutar dari Cikarang sampai kembali ke Cikarang dengan jarak sampai 91 km.

Penjelasan KAI Commuter akan rute-rute baru mulai tanggal 28 Mei mendatang | Foto: KAI Commuter

Tetapi sebaliknya, pengguna yang hendak berangkat ke Sudirman, Tanah Abang, dan Angke dari Bogor harus transit di Stasiun Manggarai. Sedang pengguna yang hendak berangkat ke Jakarta Kota dari Bekasi atau Cikarang harus transit di Stasiun Manggarai atau Kampung Bandan. Hal ini karena setelah perubahan ini, KRL Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota via Manggarai dan KRL Commuter Line relasi Bogor-Angke/Jatinegara akan tidak beroperasi lagi.

Nantinya KRL dari Cikarang atau Bekasi menuju Jakarta Kota via Manggarai akan berhenti beroperasi dan rutenya menjadi Cikarang atau Bekasi menuju Angke atau Kampung Bandan via Manggarai, atau Pasar Senen | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Hal ini mengundang berbagai reaksi dari pengguna KRL di Twitter KAI Commuter. Pengguna KRL dari Bekasi ke Sudirman menyetujui rencana ini karena mereka tidak lagi harus transit. Namun pengguna KRL dari Bogor ke Sudirman atau Bekasi ke Jakarta Kota mengeluhkan karena mereka harus transit di Stasiun Manggarai atau Kampung Bandan.

Selain itu, jadwal lengkap untuk perubahan rute saat ini belum tersedia di situs web KAI Commuter. Jadwal yang tersedia di situs tersebut masih merupakan jadwal dengan pola operasional yang berlaku saat ini hingga 27 Mei mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

3 komentar pada “Inilah Pola Perjalanan KRL Commuter Line Setelah Switch Over ke-5 Manggarai

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: