KAI Commuter Lakukan Soft Launching Aplikasi C-Access
REDigest.web.id, 19/1 – Sudah bertahun-tahun masyarakat yang menggunakan kereta Commuter Line selalu memakai aplikasi KRL Access, baik untuk cek posisi kereta, tarif, maupun aspek perjalanan lainnya. Dan dalam waktu dekat, aplikasi tersebut akan bertransformasi dengan beberapa fitur terbaru sekaligus peningkatan pelayanan.
Berlokasi di Hotel All Season Thamrin pada Rabu (18/1) malam, KAI Commuter mengundang audiens dari berbagai komunitas. Di antaranya adalah penggemar atau pengguna kereta dan influencer dalam rangka pengenalan aplikasi baru yaitu C-Access.
Apa itu C-Access?
Direktur Utama KAI Commuter Suryawan Putra Hia menjelaskan C-Acess merupakan aplikasi yang lebih user friendly di karenakan fungsi yang aplikatif, lebih mudah digunakan dan tampilan yang lebih milenial. Lanjut Suryawan keberadaan C-Access merupakan kemudahan informasi mengenai Commuter Line, terlebih pengguna KRL saat ini dalam proses transisi menuju normal sepenuhnya dengan jumlah pengguna sudah lebih dari 800 ribu per hari.
Direktur Teknik KAI Commuter Denny Haryanto menjabarkan C-Access merupakan pengembangan dari KRL Access, di mana pada C-Access diperkenalkan fitur baru seperti pembelian QR Code maksimal 4 orang dan top-up saldo KMT dengan sistem NFC (Near Field Communication).
Lanjut Denny dibuatnya C-Access tidak lain karena KAI Commuter berusaha menjadi ekosistem urban transportation yang dapat berkolaborasi dengan transportasi lainnya. Kolaborasi tersebut merupakan journey planner KAI Commuter yang akan di capai pada tahun 2026.
Tidak sampai di situ, jika sebelumnya hanya pesan tiket, pengguna juga dapat memenuhi kebutuhan perjalanan lainnya untuk ke depannya seperti memesan makanan melalui C-Access.
Berbagai Fitur dalam Pengembangan
Vice President Commercial KAI Commuter Mega Rusiandi juga hadir dalam pembicaraan, di mana C-Access adalah sistem informasi bagi pengguna KRL yang terus berkembang. Bermula hanya dari melihat jadwal, kemudian posisi kereta, hingga akhirnya menjadi aplikasi multifungsi. Tambah Mega, Selain top-up KMT dan pesan makanan nantinya akan ada fitur lainnya seperti COD dan toko aksesoris C-Corner.
Terakhir oleh Vice President Information KAI Commuter Bambang Hermanto. Karena berupa acara soft launching, C-Access sementara di batasi hanya 3000 pengunduh yang dapat mengunduh aplikasi ini sebagai masukan dari komunitas dan influencer sambil disempurnakan. Selain itu pengunduh yang bisa mengunduh baru sebatas pada penggunaan ponsel dengan Play Store.
Meski beberapa fitur saat ini masih terdapat kekurangan seperti top-up kena biaya admin Rp500 dan pilihan yang terbatas pada pengisian via Gopay, ke depannya akan ada penambahan e-wallet lainnya, serta dalam tahap pengembangan yaitu tombol Panic Button yang merupakan fitur keamanan saat pengguna mengalami insiden yang tidak mengenakkan selama di kereta Commuter Line.
Penyempurnaan fitur ini ditargetkan antara April hingga Juni mendatang C-Access sudah siap menjadi aplikasi multifungsi bagi pengguna yang dalam aktivitas kesehariannya berkaitan dengan Commuter Line, serta dari segi fitur C-Access dapat bersaing dengan aplikasi serupa seperti GoJek dengan fitur GoTransit.
Cara masuk C-Access bagi yang baru mengunduh:
1. Ketik “C-Access” pada Play Store
2. Klik ikon “Masuk/Buat Akun” pada bagian kanan aplikasi
3. Klik “Daftar” lalu masukkan data diri serta menyetujui syarat ketentuan kebijakan privasi
4. Klik “Daftar” kembali, selanjutnya masukkan kode verifikasi dari notifikasi email.
5. Setelah selesai input kode verifikasi, aplikasi C-Access siap digunakan.
Demikian liputan dari Tim REDaksi akan soft launching aplikasi C-Access. Sudah mencoba?
(RED/EPP)