Hyperdia Hentikan Layanan Pencarian Jadwal, Berikut Alternatifnya

Shinkansen N700A
Ilustrasi Shinkansen seri N700. Pencarian jadwal layanan kereta cepat ini merupakan fungsi aplikasi pencarian jadwal seperti Hyperdia yang sering turis asing gunakan. | Foto: Cheng-en-Cheng, Flickr, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 24/6 – Kabar kurang mengenakkan tiba dari jagat perkeretaapian Jepang. Hyperdia, situs yang sering menjadi andalan pencarian jadwal di Jepang telah lama menghentikan layanan pencarian jadwal mereka. Penghentian layanan ini berlangsung sejak 31 Maret kemarin.

Fungsionalitas Hyperdia
Fungsionalitas Hyperdia yang saat ini hanya menampilkan rata-rata waktu tempuh, tidak lagi pilihan jadwal | Sumber: Situs Hyperdia

Meskipun situs ini masih bisa dipergunakan, tetapi sekarang data yang muncul adalah rata-rata waktu tempuh saja, bukan lagi jadwal eksak. Pengguna situs ini yang sebagian merupakan turis asing atau orang asing yang ingin membaca jadwal KA pun mengungkapkan kekecewaan mereka di media sosial.

Menurut mereka situs Hyperdia sangat berguna untuk menyusun rencana perjalanan yang akurat di Jepang, terutama untuk berganti-ganti kereta. Salah satu fungsi yang populer adalah untuk menghilangkan Shinkansen Nozomi dari pencarian, sehingga pengguna dapat mencari KA yang terlayani JR Pass.

Terdapat beberapa alternatif bagi pembaca yang dapat gunakan untuk mencari alternatif jadwal. Di antaranya adalah Jorudan, Navitime, dan Google Maps itu sendiri. Tim REDaksi mencoba ketiga situs tersebut untuk pencarian rute Shinjuku-Tokyo.

Jorudan

Jorudan adalah salah satu situs yang telah lama menjadi pilihan alternatif dari Hyperdia. Terdapat versi aplikasi dan situs web dengan kegunaan yang berbeda. Pada versi situs web, tersedia opsi pencarian rute, tanggal dan waktu berangkat, pilihan jenis tiket (tiket atau kartu IC), dan pilihan berangkat sekarang, tiba sekarang, ataupun jadwal kereta terakhir.

Akan tetapi, pembaca hanya dapat mengakses beberapa fitur di versi situs web setelah membeli versi berbayarnya. Di antaranya adalah memilih menggunakan pesawat/tidak, menghindari Limited Express, dan yang terpenting menghindari Nozomi. Fitur nomor peron juga tersedia di versi situs web setelah membeli versi berbayar.

Berikut adalah tampilan untuk pencarian jadwal dengan Jorudan versi situs web:

Tampilan fungsi pencarian di Jorudan | Sumber: situs Jorudan

Navitime

Navitime juga merupakan situs web yang merupakan pilihan alternatif dari Hyperdia meskipun tidak seterkenal Jorudan. Seperti Jorudan, juga tersedia versi aplikasi dan situs web dengan kegunaan yang berbeda. Navitime memiliki opsi Japan Rail Pass dan pas kereta lainnya. Selain itu, Navitime juga dapat menampilkan opsi koneksi dengan moda lain seperti bus, pesawat, dan berkendara.

Hasil pencarian di Navitime juga terhitung lengkap karena memberi gambaran peta, dan menyediakan fitur timetable di lintas yang pembaca pilih. Sehingga di luar jadwal yang pembaca pilih, pembaca dapat melihat jadwal KA dari jadwal pertama hingga jadwal terakhir, dan pola pemberhentiannya.

Sayangnya, Navitime versi web memiliki bug pada kolom pencarian yang membuat proses pencarian rute hanya dapat dilakukan untuk pilihan yang tersedia dalam Often Used Routes. Berikut adalah tampilan untuk pencarian jadwal dengan Navitime versi situs web:

Tampilan hasil pencarian di situs Navitime | Sumber: Situs Navitime

Google Maps

Pilihan terakhir adalah pilihan yang mungkin sangat familiar bagi para pembaca. Ya, Google Maps sejak lama menjadi one stop solution untuk mencari rute bepergian dan angkutan umum di dunia, termasuk di antaranya Indonesia dan Jepang. Selain menampilkan rute transportasi umum dan berkendara, Google Maps juga memiliki kemampuan menampilkan rute berjalan kaki, bersepeda, dan opsi ramah difabel.

Tidak hanya itu, Google Maps juga tentunya tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, opsi yang tidak tersedia di kedua alternatif di atas (kecuali menggunakan opsi penerjemah). Selain itu, beberapa alternatif moda terdekat juga dapat Google tampilkan secara langsung dengan menekan garis abu-abu. Meski demikian, Google Maps memiliki kekurangan tidak dapat mengabaikan kereta tertentu seperti Nozomi ataupun menyesuaikan dengan opsi Japan Rail Pass dan pas kereta lainnya.

Berikut adalah tampilan untuk pencarian jadwal dengan Google Maps versi web:

Tampilan situs Google Maps | Sumber: Google Maps

Berikut adalah alternatif dari Hyperdia yang Tim REDaksi bisa kompilasi. Selamat mencoba! (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: