Berita KAInternasionalKereta Api

Tiga Tewas Setelah KA Amtrak Terguling di Missouri, Amerika Serikat

Rangkaian KA Southern Chief yang terguling | Foto: Reuters

REDigest.web.id, 29/6 – Kabar buruk menimpa dunia perkeretaapian Amerika Serikat. Pasalnya sebuah KA Amtrak dengan lebih dari 200 penumpang terguling setelah betabrakan dengan sebuah dump truck di perlintasan tanpa pengaman.

Melansir dari Reuters, peristiwa ini terjadi di Mendon, Missouri utara, Amerika Serikat pada Senin (27/6) pukul 13.42 waktu setempat. Saat itu, KA tersebut sedang melaju ketika kemudian bertabrakan dengan dump truck. Rangkaian KA yang terdiri dari delapan kereta dan dua lokomotif pun langsung terguling. Saking hebat dampaknya, hanya ada satu kereta yang selamat alias tidak ikut terguling.

Akibatnya fatal, satu orang dari pihak truk dan dua orang penumpang KA meninggal dunia di lokasi. Sementara 50 orang lainnya mengalami luka-luka. Para penumpang pun harus meloloskan diri menggunakan jendela yang menghadap langit. Tim penyelamat harus menggunakan tangga untuk menolong penumpang yang berada di atas rangkaian.

Bagian truk yang lumat tersambar KA Southern Chief | Foto: Daily Beast 

Melansir dari The Daily Beast, tampak efek kerusakan yang sangat parah menimpa truk ini. Berdasarkan foto yang beredar, pada dasarnya truk ini benar-benar lumat setelah tersambar KA. Tiang sinyal yang berada di sebelah jalur KA pun juga terkena dampaknya.

Usulan Peningkatan Keselamatan Perlintasan

Kerusakan pada tiang sinyal di samping rel kereta | Foto: Daily Beast

Melansir dari Trains, lokasi tempat KA yang teridentifikasi sebagai Southern Chief mengalami kecelakaan ini telah mendapat usulan peningkatan keselamatan perlintasan KA. Menurut laporan dari Missouri State Freight and Rail Plan yang terbit Februari, telah keluar rekomendasi pemasangan lampu peringatan dan palang pintu untuk Porche Prairie Road, dengan perkiraan biaya 400.000 Dollar Amerika.

Tidak hanya itu, sekitar setengah dari 3.800 perlintasan sebidang di Negara Bagian Missouri ternyata tidak memiliki penjaga. Tim NTSB sendiri telah tiba di lokasi dan akan menginvestigasi kecelakaan ini. Amtrak pun siap untuk mendukung penuh proses investigasi ini. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×