Ups, Peron Stasiun Matraman Ternyata Tidak Muat KRL SF12!

SF12 tidak dapat peron
Ekor kereta yang menggantung hingga sebanyak satu pintu saat sedang berhenti menunggu antrean di peron calon Stasiun Matraman | Foto: Tangkapan layar dari video Ragil Setianto

REDigest.web.id, 13/6 – Stasiun Matraman merupakan stasiun terbaru di sistem KRL Commuter Line Jabodetabek yang sebentar lagi akan beroperasi. Setelah KAI Commuter menerbitkan teaser pada Sabtu silam, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub juga mengeluarkan rilis resmi terkait kesiapan operasi Stasiun Matraman.

Dalam rilis pers tersebut, DJKA menampilkan kesiapan fasilitas yang telah tersedia di Stasiun Matraman. Di antaranya adalah eskalator dan lift, lobi keluar, serta fasad depan dan penampilan bagian peron. Sayangnya, sepertinya ada masalah krusial yang baru tampak saat stasiun baru ini jelang beroperasi. Sementara dari pihak KAI Commuter sendiri, memang telah berlangsung uji coba buka-tutup pintu di stasiun ini.

Berdasarkan pemantauan dari video oleh Ragil Setianto, ternyata peron Stasiun Matraman tidak sepenuhnya dapat menampung KRL stamformasi (SF) 12 kereta. Tampak pada menit ke-3:47, bagian dari sebuah KRL seri 205 yang sedang berhenti untuk pergantian jalur menggantung sebanyak seperempat kereta dari ujung peron sisi timur atau sisi Jatinegara. Padahal KRL tersebut juga sudah berhenti sesuai tanda batas berhenti (semboyan 10G). Akibatnya, satu pintu KRL pun tampak tak dapat peron.

Matraman SF12
Muka dari rangkaian KRL seri 205 SF12 yang sedang berhenti menunggu pergantian jalur di calon Stasiun Matraman | Foto: Tangkapan layar dari video Ragil Setianto

Hal ini sangat kontras di antara bangunan baru stasiun lainnya di Lin Cikarang yang sedari awal telah dapat memuat KRL SF12. Bahkan Stasiun Jatinegara dan Bekasi peronnya telah didesain agar dapat memuat kereta api jarak jauh sepanjang SF16 (16 kereta).

Saat berita ini terbit, belum ada tanggapan ataupun laporan dari pihak KAI ataupun DJKA Kemenhub. Pembukaan Stasiun Matraman sendiri juga masih menunggu informasi lebih lanjut. Juga belum diketahui apakah nantinya panjang peron di Stasiun Matraman akan ada perbaikan terlebih dahulu sebelum beroperasi ataupun tidak. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Ups, Peron Stasiun Matraman Ternyata Tidak Muat KRL SF12!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: