Berikut Progres Pengerjaan Stasiun Tambun Selama Juli 2022

Stasiun Tambun, Januari 2022 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 29/7 – Setelah lama tak ada kabar, akhirnya Stasiun Tambun mulai kembali tampak aktivitas pembangunan. Berdasarkan liputan dari rekan Tim REDaksi, tampak sejumlah pekerjaan telah berlangsung di Stasiun Tambun selama bulan Juli.

Pekan Pertama-Kedua Juli

Rel bekas jalur 1 Tambun yang berada di posisi calon jalur 3 | Foto: Diovano Salamena

Pada 1 Juli silam, di putaran tempat ojek daring biasa mangkal, tampak sejumlah tumpukan rel di pinggir jalan. Sedangkan di bagian peron yang sedang dalam pembangunan, tampak bantalan rel lama telah dilepas. Pengerjaan Stasiun Tambun masih tampak berkutat pada pelepasan rel eks jalur 1. Belum tampak adanya kelanjutan pengerjaan bangunan utama, ataupun kanopi peron.

Tumpukan rel yang berada di jalan akses Stasiun Tambun | Foto: Diovano Salamena
Papan informasi proyek pengerjaan Stasiun Tambun | Foto: Diovano Salamena

Sebagai informasi, proyek ini memiliki nomor proyek 001/P2/KONTRAK/BTPWJB/IV/2022 dengan kontraktor pelaksana Bahana Suprindo Kreasi, dan konsultan PT Pentagraphi Parama. Proyek ini memiliki waktu pelaksanaan selama 240 hari kalender, atau sekitar 8 bulan, dan mengacu pada informasi di media sosial, telah bermula setidaknya dari akhir Mei silam.

Pekan Ketiga Juli

Setelah beberapa hari berselang, pada Rabu (13/7) tampak tiang-tiang untuk kanopi peron jalur 3 dan 4 telah tergeletak di peron sisi sebelah timur. Tak lama kemudian, pada malam Kamis (14/7) kanopi tersebut mulai berdiri tegak meski masih sebagian. Meski demikian, pada saat itu belum tampak rangka-rangka untuk pemasangan atap di kanopi peron tersebut.

Tiang calon kanopi yang masih tergeletak di peron pada Rabu (13/7) | Foto: Diovano Salamena
Tiang calon kanopi yang sudah berdiri tegak | Foto: Diovano Salamena

Sedangkan pada hari Jumat (15/7), pengerjaan galian rel untuk mempersiapkan baan atau badan jalan rel sedang berlangsung. Sebelumnya tempat tersebut ditempati oleh rel-rel jalur 1 lama Stasiun Tambun yang telah lama dilepas. Dalam foto di bawah tampak pekerja sedang memindahkan material konstruksi dengan gerobak tangan.

Pekerjaan pemindahan material konstruksi di lokasi calon jalur 3 baru | Foto: Diovano Salamena

Pekan Keempat Juli

Sedang pada hari Minggu (17/7), tampak rangka kanopi yang berdiri di peron sebelah timur semakin banyak. Akan tetapi, belum tampak pemasangan rangka kanopi yang berada di peron sebelah barat. Selain itu, rangka untuk pemasangan atap kanopi juga saat ini belum terpasang. Pada Minggu (24/7), progres pengerjaan Tambun pun masih belum banyak pergerakan, karena rangka kanopi di sisi barat juga belum terpasang. Terakhir, pada Selasa (25/7) tumpukan rel untuk jalur 3 dan 4 baru Stasiun Tambun telah sedikit berpindah posisi, sehingga menimbulkan penyempitan jalan.

Rangka kanopi di Stasiun Tambun sisi timur yang telah berdiri tegak | Foto: Senna Hananto
Peron Tambun sisi Barat
Peron sisi barat yang masih belum tampak adanya pengerjaan pemasangan kanopi | Foto: Senna Hananto

Demikian progres pengerjaan pada Stasiun Tambun selama bulan Juli 2022. Bagaimana dengan Agustus mendatang? Nantikan saja liputan dari Tim REDaksi selanjutnya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: