[GALERI] #FotoSepur di Persawahan Prambanan

Persawahan Prambanan
KRL seri 205 rangkaian SLO32+9 melintasi persawahan Prambanan | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id – Di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, terdapat persawahan dengan pemandangan yang sangat indah. Persawahan tersebut tepatnya terletak hanya beberapa ratus meter ke timur Stasiun Brambanan (Y04).

Di persawahan yang di sisi utaranya terdapat latar belakang Gunung Merapi dan di sisi selatannya terdapat latar belakang Perbukitan Boko ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Sebenarnya terdapat lima lokasi pemotretan yang tersedia di sekitar Stasiun Brambanan ini. Lokasi pemotretan tersebut dapat pembaca lihat di kiriman Facebook berikut.

Di antara kelima lokasi pemotretan tersebut, penulis baru berkesempatan mencoba lokasi pertama. Lokasi ini cukup dekat dan pembaca masih dapat menjangkaunya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Brambanan melewati Jalan Solo.

Persawahan Prambanan
Di sisi utara rel, pembaca dapat memotret kereta dari kedua arah dengan sudut lebar dengan latar depan hamparan persawahan | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Persawahan Prambanan
Sedangkan kereta dari arah timur akan menampilkan latar belakang Perbukitan Boko | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Di lokasi ini juga terdapat perlintasan jalan kampung yang tak berpalang. Perlintasan ini dapat saja cukup menghibur anda karena kelakuan pengendara roda karet yang sukar tertebak. Terkadang, pengendara masih menyeberangi perlintasan saat kereta sudah dekat.

Waktu terbaik memotret di persawahan Prambanan

Persawahan Prambanan
Dengan bermain zoom, pembaca dapat memotret detail kereta dari bagian samping | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Untuk memotret kereta di lokasi ini, sepanjang tahun tetap merupakan waktu terbaik. Namun, terdapat perbedaan waktu terbaik tergantung dari sisi rel sebelah mana pembaca akan memotret. Pembaca dapat memilih sisi utara rel untuk memotret ke arah Perbukitan Boko, atau sisi selatan rel untuk mendapatkan latar belakang Gunung Merapi.

Di latar belakang, terdapat Hotel Amaranta Prambanan yang juga dapat menawarkan lokasi pemotretan dengan pemandangan yang dahsyat. Sayangnya, harga kamar per malam di hotel tersebut mencapai 1,3 juta rupiah. Namun, terdapat lokasi alternatif yaitu Spot Riyadi. | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Kabin tengah KRL KfW i9000 juga dapat pembaca saksikan dengan jelas detailnya | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Jika pembaca ingin sudut sempit, bergeraklah ke samping rel | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Sayangnya, lalu lintas kereta di ruas Yogya-Solo sepi saat sudah lewat jam 9 pagi | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin
Namun masih terdapat beberapa sisa-sisa lalu lintas KA seperti KA Ranggajati dari Cirebon tujuan Jember | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Waktu terbaik memotret di sisi utara menghadap selatan adalah ketika matahari berada di utara rel antara bulan Maret-September. Sedangkan memotret di sisi selatan menghadap utara, waktu terbaiknya adalah antara bulan Oktober-Februari, yang sayangnya merupakan musim penghujan. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “[GALERI] #FotoSepur di Persawahan Prambanan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: