Berita KAInternasionalKereta Api

JR West Perkenalkan Pintu Peron yang Dapat Bergeser

Pintu peron JR West
Prototipe perangkat pintu peron JR West yang dapat bergeser | Foto: NHK

REDigest.web.id, 11/7 – Para pembaca mungkin sudah mulai familiar dengan istilah platform screen doors atau pintu peron. Perangkat keselamatan ini telah hadir di sejumlah operator KA di Indonesia seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, APMS Soekarno-Hatta, KAI Bandara, dan KAI (LRT Jabodebek).

Pada umumnya, perangkat ini memiliki jarak pintu yang sudah permanen. Sehingga jenis sarana yang dapat beroperasi di suatu lintas harus menyesuaikan perangkat pintu peron. Namun apa jadinya jika pintu peron ini dapat bergerak menyesuaikan jenis kereta yang berbeda?

Hal inilah yang JR West coba cari solusinya. Melansir dari NHK World pada 28 Juni lalu, West Japan Railway (JR West) memperkenalkan perangkat pintu peron yang dapat bergeser.

Mekanisme kerjanya adalah perangkat ini akan mengidentifikasi jenis kereta yang akan datang dan panjang rangkaiannya. Kemudian, seluruh pintu peron akan bergeser untuk menyesuaikan pintu-pintu dari kereta yang akan datang.

Rencananya, JR West akan memasang perangkat ini di sebuah stasiun bawah tanah yang akan buka musim semi mendatang. Stasiun ini akan melayani berbagai macam jenis kereta, sehingga memerlukan perangkat pintu peron yang fleksibel seperti ini.

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×