Berita KADebutIndonesia

Sah! KAI akan Operasikan Kereta Eksekutif Panoramic

Kereta Panoramic yang akan dioperasikan KAI pada musim angkutan Nataru kali ini | Foto: KAI

REDigest, 23/12. Setelah sebelumnya menjadi misteri tentang kapan dan ke mana akan dioperasikan, sekarang para pecinta kereta api sudah memiliki jawabannya. KAI akan mengoperasikan kereta eksekutif Panoramic pada musim angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini.

Kereta eksekutif Panoramic rencananya akan dioperasikan pada rangkaian KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta pp mulai 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Kereta eksekutif Panoramic akan dipasang pada rangkaian KA 7011C dan KA 7025B Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir serta KA 7012C dan KA 7026B Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan untuk memperkenalkan kereta eksekutif Panoramic KAI akan memberikan tarif promo pada KA Taksaka Tambahan Panoramic yakni Rp750.000 untuk sekali jalan. Dengan harga tersebut penumpang juga mendapatkan layanan ekstra seperti snack, makanan berat, minuman dan selimut secara gratis.

Kereta eksekutif Panoramic merupakan hasil modifikasi Balai Yasa Surabaya Gubeng menggunakan basis kereta eksekutif buatan tahun 2001 dan 1999. Konsepnya sendiri mengikuti kereta panoramic yang beroperasi di Swiss. Eksterior kereta diberi warna hijau dengan striping berwarna emas yang membuatnya menyatu dengan pemandangan pegunungan Pulau Jawa yang hijau.

Jendela kereta dibuat lebih lebar dari kereta eksekutif biasa sehingga penumpang bisa melihat pemandangan di luar dengan view lebih luas. Terdapat tirai di jendela kereta yang dapat dinaik-turunkan menggunakan remote. Terdapat jendela tambahan yang berada di atap yang dapat dibuka-tutup secara otomatis sehingga penumpang bisa melihat pemandangan langit.

Jendela kereta eksekutif Panoramic yang dibuat lebih lebar dari kereta eksekutif biasa | Foto: KAI

Interior kereta didominasi warna emas dengan kursi berwarna cokelat dan dinding kereta diberi ornamen kayu. Warna ini dipilih untuk memberikan kesan mewah dan eksklusif pada rangkaian kereta. Untuk basis yang digunakan kursinya sendiri sama seperti kereta eksekutif biasa, kecuali warnanya yang gelap, alih-alih biru. Menariknya warna biru ini pada awalnya digunakan pada kursi kereta Panoramic.

Berbeda dengan kereta eksekutif lainnya, di kereta eksekutif Panoramic tidak terdapat rak bagasi di atas kursi penumpang. Hal ini dimaksudkan agar penumpang bisa lebih leluasa melihat pemandangan dari jendela atas. Sebagai gantinya, disediakan rak bagasi di bagian ujung kereta. Toilet kereta dirancang lebih luas supaya bisa mengakomodir penumpang dengan kursi roda serta terdapat sensor yang dapat mendeteksi ada tidaknya orang di dalam toilet. Terdapat juga TV di tiap ujung kereta.

Tampak interior kereta eksekutif Panoramic | pict: KAI
Tampak interior kereta eksekutif Panoramic | Foto: KAI

Saat ini baru ada dua unit kereta eksekutif Panoramic yang beroperasi di mana 1 unit dapat mengangkut sebanyak 46 orang penumpang. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya KAI akan menambah jumlah kereta eksekutif Panoramic. Diharapkan dengan hadirnya kereta eksekutif Panoramic dapat memberikan sensasi baru berkereta bagi penumpang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “Sah! KAI akan Operasikan Kereta Eksekutif Panoramic

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×