Kereta Eksekutif Jadi Sasaran Keluhan Lagi, Kali Ini Argo Lawu Tambahan
REDigest.web.id, 29/8 – Belum reda keluhan pada KA Argo Lawu, kereta kelas eksekutif kembali jadi sasaran keluhan pengguna jasa kereta api. Kali ini, sasaran keluhannya adalah KA Argo Lawu Tambahan.
Keluhan kereta kelas eksekutif tersebut berasal dari cuitan akun @beni3bee. Dalam cuitannya, @beni3bee mengeluh fasilitas pada kereta yang ia naiki merupakan unit kereta eksekutif yang sudah tua dengan kondisi kursi penumpang yang sudah tak lagi baik.
Dear @KAI121, gile ya klean! Gw bayar gerbong eksekutif Argo Lawu Tambahan dr Yogya ke Gambir, di kasih gerbong butut dan kaya akan sinar matahari tanpa ada tirai.
Kursi reot peot. Dan toiletnya dekil kyk toilet di pasar tradisional, malah lebih bersih disana. 🤬🤬🤬 pic.twitter.com/nnzBdfCbVT— Benie baker++ (@beni3bee) August 28, 2022
Selain itu, kereta yang ia naiki hadir dengan tanpa tirai pada jendelanya. Sebagai informasi, KAI sempat melepas tirai pada semua unit kereta dari berbagai kelas sebagai pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Namun, tirai sudah mulai terpasang kembali pada unit-unit kereta walaupun belum pada semua kereta.
Lalu, @beni3bee juga mengeluhkan keadaan toilet pada kereta yang ia naiki. Bahkan, ia sempat menyamakan toilet di kereta tersebut dengan toilet di pasar tradisional yang lebih bersih. Ia sempat menghubungi kondektur lewat aplikasi WhatsApp, namun kondektur tak langsung merespons.
Beberapa warganet lain menanggapi keluhan akun @beni3bee. Akun @adk_kaisoku yang juga pernah menaiki KA Argo Lawu Tambahan bahkan mendapatkan unit kereta eksekutif berkaca besar tanpa tirai. Sementara itu, akun @akmal_darari mendapatkan unit kereta eksekutif berkaca besar tanpa tirai pada KA Jayabaya. Sedangkan akun @kusumazandy mengunggah foto KA Singasari yang kereta eksekutifnya sudah kembali menggunakan tirai.
Emang gak konsisten sih, ini di Jayabaya juga eksekutifnya g ada gorden nya
Harusnya di konsistenin dong pic.twitter.com/gAs5Epa4Qk
— Akmal Darari (@akmal_darari) August 28, 2022
kalau masalah tirai gorden sejak pandemi memang di copot tapi secara bertahap akan di pasangkan kembali kok kemaren naik singasari perjalanan malam sudah ada tirai nya dan juga untuk model seat yg lamajuga sudah di ganti baru model macem ss secara bertahap pic.twitter.com/0rmoofLPJT
— Mas R (@kusumazandy) August 28, 2022
Akun layanan pelanggan @KAI121 telah menanggapi keluhan ini dan menyatakan toilet yang sebelumnya dikeluhkan telah dibersihkan. Namun, hal ini tak semerta-merta menyelesaikan keluhan yang ada. Akun @beni3bee menagih tanggapan untuk kereta yang masih belum menggunakan tirai.
Menurut informasi yang masuk ke Tim REDaksi, unit kereta yang @beni3bee naiki adalah K1 0 67 15. Unit kereta yang telah berusia 55 tahun ini telah menjalani rehabilitasi dengan mengubah bentuk jendela layaknya jendela pesawat. (RED/MPF)