KAI Commuter Ujicobakan Rangkaian KRL SLO9+32 eks Lin Yogyakarta di Jabodetabek

Rangkaian SLO9+32 di Stasiun Bogor. Tampak rangkaian SLO32 dengan ciri khas striping batiknya yang telah hilang | Foto: Khesya Radya Irwanto

REDigest.web.id, 20/9 – Setelah sekitar sebulan sejak pengiriman kembali rangkaian SLO9 dan SLO32 dari Lin Yogyakarta, kini kedua rangkaian tersebut menjalani uji coba di lintas Jabodetabek. Uji coba ini menempuh rute pendek yakni Depok-Bogor-Depok saja.

Rangkaian SLO9+32 memasuki Stasiun Depok dalam persiapan uji coba | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Berdasarkan pantauan lapangan oleh Tim REDaksi, rangkaian KRL SLO9+32 di lintas Jabodetabek ini berjalan dengan stamformasi gabungan delapan kereta, seperti saat beroperasi reguler di Yogyakarta. Posisi rangkaian SLO32 berada di sisi Bogor atau selatan, sedang rangkaian SLO9 berada di sisi Jakarta atau utara.

Secara fisik, tampak perubahan paling kentara telah terjadi pada rangkaian SLO32. Striping batik yang dulu menjadi ciri khas rangkaian ini sudah hilang. Sedangkan muka rangkaian ini pun menjadi “polos” karena belum ada striping merah di bagian depannya. Sebelumnya pada rangkaian ini terdapat striping batik di bagian muka seperti pada gambar di bawah. Bekas striping batik di samping bodinya juga masih tampak jika dilihat dari dekat.

Striping batik yang menjadi ciri khas rangkaian SLO32 semasa masih berdinas di Lin Yogyakarta | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu, tampak rangkaian ini juga telah berubah jenis pantograf, dari yang sebelumnya model diamond shape menjadi single arm. Hal ini tampak jelas dari foto-foto yang Tim REDaksi peroleh dari rekan-rekan Tim REDaksi di lapangan.

Rangkaian SLO9+32 masuk Stasiun Depok usai uji coba | Foto: Khesya Radya Irwanto

Rangkaian uji coba KRL ini berangkat sekitar pukul 11 dari Stasiun Depok, dan tiba di Bogor sekitar pukul 11.30. Di Bogor, rangkaian KRL ini menjalani pemeriksaan sejenak sebelum kembali menuju Depok pukul 12. Setibanya di Depok, rangkaian ini pun kembali masuk ke Depo Depok untuk pemeriksaan lanjutan.

Belum ada informasi kapan rangkaian SLO9+32 akan kembali berdinas reguler di Jabodetabek, ataupun alokasi rangkaian ini apakah akan berpindah atau tidak. Hal ini karena pada rangkaian ini di stiker samping bodi masih terlihat kode Depo Depok (DP). Yang jelas, ciri khas dari rangkaian ini, terutama SLO32 hilanglah sudah. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: