KAI Commuter Kirim Kembali KRL Seri 205 Rangkaian SLO32 ke Jakarta

KAI Commuter kirim SLO32
KLB kirim rangkaian KRL SLO32 di antara Stasiun Pasirbungur dan Stasiun Cikaum | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 14/9 – KRL Seri 205 yang beroperasi di wilayah Daop 6 Yogyakarta benar-benar kembali ke Jakarta. Hari ini (14/9), KAI Commuter mengirim kembali KRL seri 205 rangkaian SLO32 ke wilayah Daop 1 Jakarta.

Lokomotif CC2017806 milik Depo Cipinang menjadi lokomotif dinas dari KLB pengiriman rangkaian ini. Sebelum bertolak ke Jakarta, KAI Commuter terlebih dahulu melepas unit pendingin udara, ventilasi, tangga, dan cow catcher pada rangkaian SLO32.

Tampak tangga dan unit AC yang tidak terpasang | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Hal ini karena ruang bebas KRL seri 205 berbeda dengan ruang bebas kereta dengan spesifikasi Indonesia kebanyakan. Saat KAI Commuter mengirim rangkaian SLO9 dari Depok ke Solo di tahun 2020 lalu, rangkaian ini mengalami banyak masalah saat pengiriman dengan puncaknya unit pendingin udara melanggar ruang bebas jembatan sebelum masuk Stasiun Kalioso dan peron di Stasiun Kadipiro.

KLB kirim rangkaian KRL SLO32 di Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Gilang Fadhli

Rangkaian SLO32 bertolak dari Solo menuju Depok pada menjelang pukul 4 pagi. Sebanyak empat kereta bantu pengereman (bandul) mengawal rangkaian ini. Menurut informasi, KLB melaju dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

KLB kirim rangkaian SLO32 di Bekasi | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

Terdapat dua informasi populer yang beredar di media sosial tentang kembalinya KRL seri 205 dari Yogyakarta ke Jakarta. Informasi pertama, baik rangkaian SLO9 maupun SLO32 tidak akan kembali lagi ke Yogyakarta dan akan beroperasi di Jakarta karena di Jakarta terdapat defisit armada KRL.

Rangkaian SLO32 di Stasiun Manggarai | Foto: RED/Gilang Fadhli

Sebelumnya, KAI Commuter sempat banyak memotong stamformasi rangkaian untuk perbaikan roda maupun hal lain akibat banyaknya rangkaian yang tidak beroperasi. Pemotongan stamformasi ini masih berlanjut hingga kini.

Informasi lainnya yang beredar, baik rangkaian SLO9 dan SLO32 akan menjalani perawatan berat 24 bulanan di wilayah Daop 1 Jakarta. (RED Citizen/MPSCLFJRN)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “KAI Commuter Kirim Kembali KRL Seri 205 Rangkaian SLO32 ke Jakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: