New York City Subway Jalankan Kereta Vintage Warna-Warni

Sepur Aneka Kelir berjalan di Lin 7 pada 21 Agustus 2017 untuk memeringati perayaan 100 tahun permulaan layanan perpanjangan Jalur Flushing menuju Jalan 103. Foto: MTA New York City Transit/ Marc A. Hermann
Sepur Aneka Kelir berjalan di Lin 7 pada 21 Agustus 2017 untuk memeringati perayaan 100 tahun permulaan layanan perpanjangan Jalur Flushing menuju Jalan 103. | Foto: MTA New York City Transit/ Marc A. Hermann

REDigest.web.id, 22/12 – Belakangan ini, kereta dengan skema warna (livery) vintage menjadi primadona banyak kalangan penggemar kereta api (railfans) di Indonesia. Banyak orang menganggap kereta tersebut mampu membangkitkan romantisme dari masa lalu sebuah perusahaan kereta api. Jauh di Amerika Serikat sana, kereta dengan vintage livery turut mendapat perhatian khusus.

Hal itu terwujud berkat adanya pagelaran acara Holiday Nostalgia Rides (Wahana Nostalgia Vakansi) yang menampilkan Train of Many Colors (Sepur Aneka Kelir) dalam perjalanan melalui jalur subway baru di Kota New York. Sekadar informasi, New York City Subway memang memiliki budaya menjalankan kereta subway lawas pada setiap akhir pekan antara perayaan Thanksgiving dengan perayaan Natal.

Sepur Aneka Kelir berjalan pada tanggal 27 November, 4 Desember, 11 Desember, dan 18 Desember dalam Lin 1 dengan pemberhentian singkat. Penumpang dapat menaiki kereta dari Stasiun Jalan Chambers atapun Stasiun Jalan 137 – City College. Pemerjalanan kereta bermula dari pukul 10 pagi sampai dengan pukul setengah enam sore waktu setempat.

Nama StasiunJalan ChambersJalan 14Jalan 34 -Stasiun PennTimes Square – Jalan 42Jalan 59 – Colombus CircleJalan 72Jalan 96Jalan 125Jalan 137 – City College
KeteranganKereta berhenti di peron Lin Lokal 1Untuk kereta uptown – Stasiun terakhir untuk transit kembali menuju downtownTidak dapat transit di stasiun ini

 

Jam Keberangkatan Kereta di Stasiun Jalan Chambers >>>
10.00*12.00*02.00*04.00*

* = Dalam waktu setempat

Jam Keberangkatan Kereta di Stasiun Jalan 137 – City College <<<
11.00*01.00*03.00*05.00*

* = Dalam waktu setempat

Rangkaian Sepur Aneka Kelir terdiri dari beberapa kereta lansiran tahun 1960-an seperti R-36, R-33WF, dan R-33. Masing-masing skema warna memiliki penamaan yang tidak kalah unik seperti Redbirds “Gunn Red” dan Redbirds “Tartar Red”, Kale Green “Green Machines”, “Platinum Mist”yang menggunakan kelir dwi warna (dual tone) biru dan perak (silver), serta dual tone lainnya bernama “Bluebird” dengan laburan warna biru dan krim telur Robin. Melalui warna-warna tersebut, New York Transit Museum sebagai penyelenggara festival berupaya menghadirkan beberapa masa berbeda dalam sejarah subway New York City.

NYC Subway livery 'Bluebird'. Foto: New York Transit Museum
NYC Subway livery ‘Bluebird’. | Foto: New York Transit Museum

Penumpang yang menaiki kereta ini hanya perlu menggunakan kartu gesek MetroCard ataupun kartu tempel OMNY. Akses keseluruhan rute dan jadwal tersedia pada nytransitmuseum.org/nostalgiarides. (RED/AFD)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: