Berita KAIndonesiaKAI Commuter

Pemerintah akan Naikkan Tarif KRL Commuter Line Pada Tahun 2023

Ilustrasi: KRL Commuter Line di Stasiun Serpong | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

REDigest.web.id, 14/12 – Setelah mengalami penundaan setelah sebelumnya direncanakan pada 1 April silam, pemerintah kembali berencana akan menaikan tarif Commuter Line pada tahun 2023 mendatang. Melansir dari CNN Indonesia, Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal menyampaikan hal tersebut. Ia mengatakan kenaikan tarif ini pemerintah lakukan untuk memastikan PSO yang diberikan cukup dan tidak kurang.

Rencananya kenaikan tarif ini akan berlaku pada awal 2023. Meski demikian Wasal tidak merinci berapa besaran kenaikan tarif yang akan terjadi. Namun ia memastikan kenaikan tarif tidak akan jauh dari simulasi yang telah pemerintah lakukan sebelumnya. Dari simulasi yang dilakukan tarif untuk 25 kilometer pertama naik dari sebelumnya Rp3000 menjadi Rp5000. Sementara untuk tarif  10 kilometer selanjutnya tetap Rp1000.

Wasal juga mengatakan kenaikan tak hanya dilakukan pada Commuter Line, melainkan juga pada layanan kereta api lainnya. Namun ia memastikan kenaikan tarif yang dilakukan tidak terlalu besar dan tidak membebani masyarakat. Ia juag mengatakan kenaikan tarif dilakukan supaya biaya operasional tidak membebani operator. Namun ia memastikan tarif tidak akan naik pada tahun 2022.

Rencana ini tentu menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Seperti dalam wawancara yang dilakukan Detik, penumpang yang kontra berpendapat kenaikan tarif masih belum perlu dilakukan saat ini mengingat kondisi ekonomi belum sepenuhnya pulih. Selain itu sejumlah penumpang yang kontra berpendapat sebelum menaikan tarif terlebih dahulu KAI Commuter memperbaiki sejumlah fasilitas misalnya toilet stasiun.

Namun ada juga penumpang yang mendukung rencana kenaikan tarif ini. Penumpang yang mendukung berharap kenaikan tarif ini dapat membuat KAI Commuter memperbaiki layanannya. Bahkan ada yang mengharapkan dengan kenaikan tarif ini dapat menghidupkan kembali layanan Commuter Line Bogor-Angke supaya penumpang Bogor tidak perlu lagi transit di Manggarai.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×