Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Kini Situs Web krl.co.id Pindah Alamat ke commuterline.id

Halaman muka (homepage) pada situs terbaru KAI Commuter | Foto: Tangkapan layar dari situs web KAI Commuter

REDigest.web.id, 2/2 – Mungkin sebagian pembaca sudah menyadari ada yang berbeda dari situs web KAI Commuter. Ya, sejak beberapa hari belakangan ini alamat situs web ini resmi berpindah dari www.krl.co.id menjadi commuterline.id. Perubahan ini seakan mencerminkan layanan KAI Commuter yang sejak Oktober 2020 silam tidak hanya mengoperasikan KRL Commuter Line Jabodetabek saja.

Tampak laman depan yang mengadopsi desain lebih fresh. Pada halaman utama sekarang tampil lebih banyak gambar dan sedikit teks. Selain itu, subkategori yang pada situs sebelumnya sekarang memiliki halaman terpisah, tidak lagi menjadi satu halaman. Dengan ini, navigasi situs web ini menurut Tim REDaksi menjadi lebih rapi.

Layanan Informasi Perjalanan

Layanan Jadwal

Tampilan awal informasi jadwal KRL atau KA Prambanan Ekspres | Foto: Tangkapan layar dari situs KAI Commuter

Untuk fungsi seperti layanan pencarian jadwal juga saat ini berfungsi lebih optimal, dengan tampilan seperti pada aplikasi C-Access. Pembaca dapat melihat jadwal di stasiun yang pembaca cari, beserta dengan detail jadwal KA tersebut. Tampilan dari fungsi detail jadwal KA maupun fungsi jadwal ini cukup informatif. jadwal KRL telah tersedia untuk KRL Commuter Line Jabodetabek dan Lin Yogyakarta. Sedangkan untuk jadwal KA Lokal baru tersedia untuk KA Prambanan Ekspres.

Tampilan jadwal setelah pembaca memilih stasiun dan rentang waktu. Di sini Tim REDaksi mencoba Stasiun Bekasi | Foto: Tangkapan layar dari situs KAI Commuter
Detail jadwal KA 5019B sebagai contoh | Foto: Tangkapan layar dari situs KAI Commuter

Selain itu, Tim REDaksi mendapat fungsi refresh saat melihat detail jadwal ini cukup lambat. Saat mencoba di web browser Microsoft Edge ataupun Google Chrome, jika pembaca sudah pernah mencari jadwal, maka detail jadwal yang tampil adalah yang sebelumnya dicari. Pembaca harus menunggu beberapa saat agar jadwal ini refresh, atau harus mengklik dua kali.

Selain itu, pembaca tidak dapat melakukan search di kotak pencarian stasiun, melainkan harus mencari nama stasiun dari pilihan drop-down yang tersedia. Pembaca yang hendak mencari jadwal format Excel dapat diakses di tautan berikut.

Layanan Tarif

Tampilan tarif KRL setelah pembaca memilih stasiun | Foto: Tangkapan layar dari situs KAI Commuter

Fungsi pencarian tarif juga tampak memiliki tampilan seperti aplikasi C-Access. Pembaca tinggal memasukkan nama stasiun asal dan stasiun yang hendak dituju. Dari sini, langsung akan muncul tarif yang diperlukan untuk kedua relasi tersebut. Seperti pada pencarian jadwal, pembaca tidak dapat melakukan search di kotak pencarian stasiun, melainkan harus mencari nama stasiun dari pilihan drop-down yang tersedia.

Peta Rute

Peta rute merupakan bagian yang bisa dibilang tidak mendapat perubahan signifikan dari situs web lama. Tampak peta rute untuk KRL Commuter Line Jabodetabek, KRL Lin Yogyakarta, dan KA-KA lokal dalam bentuk gambar di bagian ini. Tetapi selebihnya, fungsionalitas di bagian ini tidak banyak berubah.

Selain informasi jadwal, pada situs terbaru KAI Commuter ini juga tersedia informasi-informasi lain seperti karir, procurement, dan informasi publik. Bagian GCG dan C-Corner merupakan bagian baru yang pada situs lama belum ada.

Laman C-Corner sekarang dapat pembaca akses langsung dari situs utama KAI Commuter | Foto: Tangkapan layar dari situs KAI Commuter

Meski alamat situs utama telah berubah, tetapi fungsi pengalihan (redirect) otomatis belum sepenuhnya berfungsi. Jika pembaca menggunakan krl.co.id saja, maka pembaca akan mendapat redirect ke situs baru. Akan tetapi, jika pembaca mengetik www.krl.co.id, maka pembaca akan tetap teralihkan ke situs lama. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×