Berita KAIndonesiaKAI

KAI Bersiap Operasikan KA di Makassar-Parepare

Dua rangkaian kereta inspeksi yang dijadikan sarana angkutan penumpang sementara di Sulsel | Foto: KAI

REDigest, 1/2. KAI saat ini tengah melakukan persiapan jelang pengoperasian jalur kereta api di Sulawesi Selatan. Seperti dilansir dari rilis resmi KAI pada Senin (30/1) kemarin,

Dalam eksekusinya KAI tidak akan bekerja sendiri. KAI bekerjasama dengan BUMD milik Pemprov Sulawesi Selatan, PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), membentuk konsorsium yang diberi nama Konsorsium Kereta Api Sulsel yang bertugas untuk menyiapkan segalanya yang diperlukan untuk pengoperasian KA perintis Makassar – Parepare.

Konsorsium ini ditunjuk sebagai operator jalur kereta api di Sulsel. Penunjukan ini dilakukan berdasarkan pada Surat Nomor: 153/LLA.KA/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI siap mendukung operasional KA perintis Makassar – Parepare sebagai bagian dari proyek strategis nasional.

Berdasarkan informasi dari media sosial, nantinya operasional KA di Sulsel akan dilakukan oleh divisi yang bernaung di bawah KAI Daop 8 Surabaya. Akan tetapi, dari pihak KAI sendiri belum memberi konfirmasi terkait kabar yang beredar ini.

Selain mengoperasikan KA perintis Makassar – Parepare, KAI juga menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Hasanudin pada 3 Juni 2022 lalu untuk melakukan kajian, studi, evaluasi, dan penelitian yang diperlukan untuk memastikan operasional kereta api di Sulsel dapat berjalan dengan baik.

Hingga saat ini pembangunan jalur KA di Sulawesi Selatan sudah mencapai panjang 110 km yang membentang dari Kabupaten Marros hingga Kabupaten Barru. Saat ini tengah dilakukan uji coba terbatas antara Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu menggunakan dua set KAIS milik Kemenhub yang dimodifikasi interiornya.

Guna mendukung operasional angkutan penumpang di Sulsel, KAI saat ini tengah memesan 2 set kereta penumpang. Dari informasi yang beredar, sarana yang akan digunakan adalah KRDE buatan INKA yang saat ini masih dalam proses pembuatan. Selain sarana, KAI juga tengah menyiapkan SDM untuk mendukung operasional KA penumpang seperti masinis, kondektur, teknisi, sampai Customer Service on Train. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “KAI Bersiap Operasikan KA di Makassar-Parepare

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×